EFEKTIVITAS SITUS WEB PEMERINTAH DAERAH: Studi Deskriptif Tentang Efektivitas Penyelenggaraan E-government Dengan Memanfaatkan Situs Web Pemerintah Daerah Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Pemerintah Kota Surabaya

Irma Dwi Kurniawan, 070116524 (2011) EFEKTIVITAS SITUS WEB PEMERINTAH DAERAH: Studi Deskriptif Tentang Efektivitas Penyelenggaraan E-government Dengan Memanfaatkan Situs Web Pemerintah Daerah Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Pemerintah Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kurniawani-14862-an01-10-k.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17172.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Situs web pemerintah kota Surabaya www.surabaya.go.id menjadi salah satu media bagi Pemerintah Kota surabaya untuk menyampaikan informasi mengenai segala sesuatu hal yang berhubungan dengan perkembangan kota surabaya dan juga informasi tentang produk-produk layanan yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Surabaya. .Pembuatan situs web Pemerintah Daerah mempunyai sasaran agar masyarakat Indonesia dapat dengan mudah memperoleh akses kepada informasi dan layanan Pemerintah Daerah, dan ikut berpartisipasi di dalam pengembangan demokrasi di Indonesia dengan menggunakan media internet dan teknologi lain yang akan muncul di kemudian hari. Secara operasional, kehadiran situs web seharusnya membuat pemerintah daerah lebih accessible dan responsif terhadap kebutuhan rakyat yang ada. Selain dapat memberikan sebuah layanan yang lebih baik situs web pemerintah kota Surabaya juga diharapkan menjadi sebuah media yang dapat menciptakan iklim dan budaya bersih, transparan, dan akuntabel sebagai upaya menciptakan good governance. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa efektif kah situs web pemerintah kota Surabaya dalam fungsinya meningkatkan layanan publik di Surabaya. Penelitian ini guna menjawab permasalahan di atas menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dengan pengambilan data dari wawancara yang mendalam, dokumentasi dan observasi. Sedangkan untuk pengambilan informan dilakukan dengan cara purposive dan menggunakan tehnik snowball yang meliputi informan yang berada di instansi terkait. Selain itu dilakukan online survey untuk mendapatkan informasi dari pengunjung website. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah secara garis besar situs web pemerintah kota Surabaya www.surabaya.go.id cukup efektif dalam fungsinya sebagai media penyampaian informasi dan interaksi. Tetapi masih banyak yang harus dibenahi karena informasi yang menunjukkan akuntabilitas dan transparansi dari pemerintah kota Surabaya belum sepenuhnya dapat dilihat melalui situs web ini. Kemudian dari segi interaksi, hubungan masih terfokus pada hubungan antara pemerintah dengan masyarakat, sedangkan interaksi dua arah antara pemerintah dengan dunia bisnis belum begitu diperhatikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 01/10 Kur e
Uncontrolled Keywords: WEBSITES, DEVELOPMENT
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
Irma Dwi Kurniawan, 070116524UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGatot Pramuka,, Drs. M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 18 Feb 2011 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 22:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17172
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item