EFEKTIVITAS PROMOSI TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KABUPATEN SIDOARJO, JAWA TIMUR (Studi Kasus Sentra Kerupuk Desa Kedungrejo Kecamatan Jabon)

Yokkie Ardhya, 070116435 (2011) EFEKTIVITAS PROMOSI TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KABUPATEN SIDOARJO, JAWA TIMUR (Studi Kasus Sentra Kerupuk Desa Kedungrejo Kecamatan Jabon). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-ardhyayokk-14865-an02-10-i.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-ardhyayokk-12413-an02-10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas promosi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dikaitkan dengan perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) kerupuk di Kabupaten Sidoarjo. Hal ini mengingat dalam suatu negara, UKM mempunyai peranan penting, antara lain sebagai penyumbang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), juga kontribusinya dalam penyerapan tenaga kerja. Tapi dalam perkembangannya, UKM juga mempunyai kendala yaitu dalam hal pemasaran produknya. Melihat kendala yang dihadapi ini, pemerintah berupaya membantu pemasaran produk UKM ini melalui kegiatan-kegiatan promosi. Hubungan antara efektivitas promosi dengan perkembangan UKM diwujudkan dalam rumusan masalah yaitu bagaimana efektivitas promosi terhadap perkembangan UKM kerupuk di Kabupaten Sidoarjo, serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi efektivitas promosi. Guna menjawab permasalahan di atas maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian eksplanasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dari pihak Pemkab Sidoarjo satu orang yaitu Kasi Pembinaan Perdagangan dan Pemasaran, Bapak Drs. FX. Nugroho SN, M.Si, dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sidoarjo, sedangkan dari pihak UKM lima orang yaitu Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kampung Krupuk Desa Kedungrejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo, Bapak H. A. Wachid dan empat pengusaha kerupuk yang pernah mengikuti promosi, Bapak Sadikin, bapak Muntaha, Ibu Suep dan bapak Ismail. Studi dokumentasi, observasi dan pengamatan serta wawancara terstruktur digunakan sebagai teknik pengumpulan data, sedangkan pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dan diakhiri dengan reduksi, penyajian serta penarikan simpulan/verikasi. Penelitian ini menemukan bahwa promosi yang dilakukan pemerintah setempat sudah efektif. Hal ini bisa dilihat dari kesesuaian antara tujuan dan dampak dari promosi. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas promosi yaitu : komunikasi, kesesuaian dengan kelompok tujuan, Sumber Daya Manusia (SDM) yang digunakan, konsistensi penyelenggaraan, efektivitas biaya, perbaikan dibanding penyelenggaraan terdahulu, kesinambungan kegiatan, dan perubahan prilaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 02/10 Ard e
Uncontrolled Keywords: SMALL BUSINESS, INDUSTRIAL POLICY
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Yokkie Ardhya, 070116435UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorErna Setijaningrum,, S.IP, MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 18 Feb 2011 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 04:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17173
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item