PENGARUH EFEKTIVITAS PENDIDIKAN PENGGUNA (USER EDUCATION ) TERHADAP PEMANFAATAN LAYANAN DI UPT. PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Indarti Wahyuningtias, 070610230 (2011) PENGARUH EFEKTIVITAS PENDIDIKAN PENGGUNA (USER EDUCATION ) TERHADAP PEMANFAATAN LAYANAN DI UPT. PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-wahyuningt-14874-iip88--k.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-wahyuningt-12419-iip88--0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan sebagai sumber informasi dan tempat menyebarluaskan ilmu pengetahuan, perpustakaan perguruan tinggi merupakan jembatan program pendidikan di perguruan tinggi. Untuk itu harus ada sinergi antara dosen dan perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan. Di dalam memanfaatkan perpustakaan tersebut, membutuhkan semacam bimbingan atau pendidikan pemakai perpustakaan untuk menuntun bagaimana mahasiswa memanfaatkan layanan yang ada di perpustakaan. Penelitian ini berusaha untuk menggali efektivitas pendidikan pengguna terhadap pemanfaatan layanan di UPT. Perpustakaan dab Informasi UMM. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe eksplanatif. Responden berjumlah 100 reponden, yang mengambil jurusan bahasa Indonesia yang telah mengikuti matakuliah perpustakaan dan pernah memanfaatkan layanan perpustakaan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive karena tidak adanya data yang pasti yang dibutuhkan peneliti. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pendidikan pengguna berpengaruh terhadap pemanfaatan layanan perpustakaan sebesar 30%. Faktor – faktor yang mempengaruhi metode pengajaran untuk pendidikan pengguna adalah faktor motivation dan understanding. Strategi yang diinginkan dalam penerapan pendidikan pengguna adalah strategi wisata perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 88/10 Wah p
Uncontrolled Keywords: USER EDUCATION
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Indarti Wahyuningtias, 070610230UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDessy Harisanty, S.sos. M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 18 Feb 2011 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 04:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17176
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item