PERAN PIMPINAN DALAM MEMBANGUN KNOWLEDGE SHARING DIPERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER (TUDI DESKRIPTIF TENTANG PERAN PEMIMPIN MEMBANGUN MORNING ENLIGHTMENT DI PERPUSTAKAAN ITS)

Ika Devy Pramudiana, 070610132 (2011) PERAN PIMPINAN DALAM MEMBANGUN KNOWLEDGE SHARING DIPERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER (TUDI DESKRIPTIF TENTANG PERAN PEMIMPIN MEMBANGUN MORNING ENLIGHTMENT DI PERPUSTAKAAN ITS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-pramudiana-14878-iip89-1-k.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-pramudiana-12421-iip89-1-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan ITS adalah perpustakaan yang sudah menerapkan knowledge sharing , knowledge sharing adalah kemauan untuk membagi pengetahuan antar individu satu dengan individu yang lain yang diperlukan untuk pengetahuan organisasi. Berbagi pengetahuan adalah proses dimana individu saling bertukar pengetahuan dan bersama-sama menciptakan pengetahuan baru. Meningkatkan berbagi pengetahuan akan memiliki dampak positif bagi kinerja organisasi. Yang didukung peran pemimpin dalam membangun kegiatan knowledge sharing dengan cara memberi motivasi kepada karyawannya. Pemimpin yang berperanan sebagai fasilitator mentor, inovator, mempunyai tingkat korelasi tinggi dengan kemajuan knowledge sharing. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis atau mendeskripsikan bagaimana gaya kepemimpinan dalam membangun knowledge sharing diperpustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan responden sebanyak 38 orang, dikarenakan jumlah karyawan pada perpustakaan ITS hanya berjumlah 38 orang. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kegiatan knowledge sharing di perpustakaan sangat banyak manfaatnya karena dalam perpustakaan terjadi atau tercipta suatu hubungan individu satu dengan yabg lainnya untuk saling mempengaruhi dan kegiatan tersebut terbentuk dalam satu forum, untuk mengkomunikasikan dan berbagi informasi, selain itu peran pemimpin dalam menumbuhkan motivasi antar pustakawannya melalui memberi dorongan dan semangat melalui reward, dan pujian dengan cara pemimpin memberi reward bagi karyawan yang berprestasi melalui memberi bonus dan diberi hadiah. Setelah itu pemim[in juga selalu memberikan pujian kepada karyawannya yang telah menyelesaikan tugas dengan baik. Gaya kepemimpinan di perpustakaan ini meliputi gaya kepemimpinan yang supportive leadership, setelah itu gaya kepemimpinan directive leadership (kepemimpinan yang intruktif), selanjutnya adalah gaya kepemimpinan yang Achievement Oriented Leadership ( Kepemimpinan berorientasi pada keberhasilan)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 89/10 Pra p
Uncontrolled Keywords: LEADERSHIP, KNOWLEDGE
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ika Devy Pramudiana, 070610132UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNove Eka Variant Anna,, S.Sos., MIMSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 18 Feb 2011 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 04:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item