PREFERENSI PILIHAN SUMBER INFORMASI MAHASISWA S1 DAN S2 FISIP UNAIR(Studi Deskriptif Pemilihan Sumber Informasi Mahasiswa S1 dan S2 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga)

Fajar Triatma, 070517649 (2011) PREFERENSI PILIHAN SUMBER INFORMASI MAHASISWA S1 DAN S2 FISIP UNAIR(Studi Deskriptif Pemilihan Sumber Informasi Mahasiswa S1 dan S2 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-triatmafaj-14887-iip92-1-k.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-triatmafaj-12428-iip92-1-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pilihan terhadap sumber informasi merupakan satu dari dua keputusan yang mengarahkan perilaku penemuan informasi seseorang. Pilihan terhadap sumber informasi dapat dikatakan sebagai langkah awal dari seluruh tahapan (rute) dalam upaya penemuan informasi. Dalam menentukan pilihan, setiap individu tentu memiliki kecenderungan tertentu yang sifatnya unik, tidak sama dengan individu lainnya. Kecenderungan terhadap sesuatu ini disebut sebagai preferensi. Penelitian terdahulu mengenai perilaku informasi mahasiswa menunjukkan bahwa sumber informasi yang digunakan pada mahasiswa sarjana adalah internet, sementara pada mahasiswa pascasarjana adalah sumber informasi cetak dan sumber informasi manusia. Penelitian lain yang dilakukan di Indonesia terhadap mahasiswa sarjana juga menunjukkan fenomena ini, begitu halnya pada mahasiswa pascasarjana. Dengan adanya fenomena tersebut, maka penelitian ini ingin mengkaji lebih lanjut mengenai sumber informasi yang menjadi pilihan oleh mahasiswa sarjana dan pascasarjana dalam memenuhi kebutuhan akademik mereka. Apakah preferensi sumber informasi mahasiswa sarjana memang tidak sama dengan mahasiswa pascasarjana ataukah sebaliknya, serta hal-hal apa saja yang mendasari pilihan mereka terhadap sumber informasi. Penelitian dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga dengan metode deskriptif. Pengambilan sampel disesuaikan dengan jumlah populasi pada masing-masing jenjang studi. Analisis terhadap preferensi sumber informasi mahasiswa dilakukan dengan menggunakan tahapan pembentukan preferensi Kotler dalam mengindentifikasi atribut sumber iformasi, tingkat kepentingan atribut, dan atribut harapan. Untuk mengetahui kecenderungan pilihan sumber informasi mahasiswa, digunakan konsep horizon sumber informasi. Hasil penelitian menemukan bahwa konten / isi informasi merupakan pertimbangan utama mahasiswa ketika menentukan pilihan terhadap sumber informasi, diikuti oleh kesesuaian dengan kebutuhan dan efektifitas temu-kembali. Dalam menentukan sumber informasi yang menjadi preferensi mahasiswa, terdapat kesamaan antara mahasiswa tingkat sarjana dan pascasarjana. Yang membedakan antara keduanya hanyalah jumlah variasi sumber informasi yang digunakan. Kata kunci : perilaku informasi mahasiswa, preferensi sumber informasi, preferensi pilihan, preferensi, kecenderungan pilihan, pilihan sumber informasi, sumber informasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 92/10 Tri p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR, INFORMATION LITERACY
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Fajar Triatma, 070517649UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNove Eka Variant Anna,, S.sos, MIMSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 18 Feb 2011 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 05:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17180
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item