MODEL STRATEGI PELAYANAN PRIMA DI PUKESMAS MEDOKAN AYU SURABAYA

Nurlael Khusnul Imama, 070517844 (2009) MODEL STRATEGI PELAYANAN PRIMA DI PUKESMAS MEDOKAN AYU SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A1IMA.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-imamanurla-12563-fis.an1-m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan adanya citra pelayanan yang buruk dan ketidakpuasan masyarakat akan pelayanan kesehatan, Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan Kota Surabaya berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui pemberian pelayanan prima kepada pengguna layanan di Puskesmas. Puskesmas Medokan Ayu merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kesehatan Kota Surabaya yang melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan melalui pelayanan prima. Untuk mewujudkan pelayanan prima dan memenuhi kebutuhan dan harapan dari pengguna layanan, Puskesmas Medokan Ayu menerapkan strategi pelayanan prima. Strategi pelayanan prima tersebut dapat digambarkan melalui model strategi pelayanan prima yang sukses. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang model yang digunakan Puskesmas Medokan Ayu dalam strategi pelayanan prima. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Tujuan dari penelitan ini adalah memberikan gambaran tentang model strategi pelayanan prima di Puskesmas Medokan Ayu Surabaya. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa model yang diterapkan dalam strategi pelayanan prima adalah model segitiga pelayanan yaitu suatu model yang memfokuskan pada kepuasan pengguna layanan dengan melakukan suatu proses manajemen strategi, kualitas SDM, dan sistem pelayanan yang diberikan. Adapun rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini adalah agar Puskesmas Medokan Ayu dapat memperbaiki dan menangani keluhan pengguna layanan yaitu dalam hal lama pemberian pelayanan kepada pengguna layanan. Selain itu dalam hal peningkatan kualitas SDM, Puskesmas Medokan Ayu harus selalu intensif mengusulkan dan mengikutsertakan pegawai atau karyawannya dalam kegiatan pendidikan atau pelatihan agar semua petugas pelayanan dapat melaksanakan tugas masing-masing dengan peralatan yang modern. Kata Kunci: Model, Strategi Pelayanan Prima, Puskesmas Medokan Ayu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN 14/10 Ima m
Uncontrolled Keywords: STRATEGIC PLANNING; HEALTH SERVICES
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA771-771.7 Rural health and hygiene. Rural health services
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Nurlael Khusnul Imama, 070517844UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRoestoto Hartojo Putro, Drs., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 23 Feb 2011 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 00:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17191
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item