PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT MISKIN (Studi deskriptif tentang peran badan keswadayaan masyarakat dalam peningkatan partisipasi masyarakat miskin sasaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri di kel

Relia Haswanti, 070610441 (2010) PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT MISKIN (Studi deskriptif tentang peran badan keswadayaan masyarakat dalam peningkatan partisipasi masyarakat miskin sasaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri di kel. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-haswantire-15570-fisan4-i.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-haswantire-12930-fisan4-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri merupakan program nasional dari pemerintah guna menanggulangi kemiskinan. Agar tujuan dari program ini berhasil maka dibutuhkan peran suatu lembaga atau badan pelaksana program serta partisipasi masyarakat miskin. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana peran Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dalam meningkatkan partisipasi masyarakat miskin dalam pelaksanaan PNPM Mandiri ini. Hal yang menarik dari penelitian ini adalah ditemukannya peran BKM sebagai komunikator dan motivator yang selalu melakukan pendekatan informal dengan masyarakat miskin tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Ngagel Rejo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. Informan penelitian ini terdiri dari pengurus BKM yaitu Kepala Kesekretariatan Operasional, Sekretaris, Kepala Unit Pengelola Lingkungan, Kepala Unit Pengelola Keuangan, Kepala Unit Pengelola Sosial, serta anggota Kelompok Swadaya Masayrakat (KSM) yang merupakan kelompok masyarakat sasaran program ini. Total informan adalah delapan orang. Penentuan informan menggunakan teknik “ purposive sampling” dilanjutkan “ snowball sampling”. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, dokumentasi dan penelusuran internet. Teknik analisa data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data serta analisis data. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa peran BKM dalam meningkatkan partisipasi masyarakat miskin adalah sebagai komunikator, motivator, pengawas, pemberi saran, fasilitator, memberikan pembinaan dan pengarahan melalui pendekatan-pendekatan informal agar lebih mengena pada masyarakat miskin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN 42/10 Has p
Uncontrolled Keywords: WELFARE ECONOMIC; POOR FAMILY
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Relia Haswanti, 070610441UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEko Supeno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 03 Mar 2011 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 05:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17213
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item