KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN (Studi Deskriptif tentang Kualitas Pelayanan kesehatan Bagi Penerima Jamkesmas Berdasar Standart Pelayanan Publik di RSUD Jombang)

Eka Mufitasari, 070610147 (2010) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN (Studi Deskriptif tentang Kualitas Pelayanan kesehatan Bagi Penerima Jamkesmas Berdasar Standart Pelayanan Publik di RSUD Jombang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-mufitasari-16084-fisan5-k.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17224.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu tugas pokok Pemerintah adalah memberikan pelayanan, termasuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Setiap warga negara berhak memperoleh pelayanan kesehatan dengan baik. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan kesehatan bagi penerima jamkesmas serta faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Jombang. Untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan dalam penelitian ini menggunakan dimensi karakteriktik kualitas yang digunakan oleh para pengguna layanan dala mengevaluasi kualitas pelayanan yang meliputi enam indikator yaitu Tangible (penampilan fisik), Responsiveness (daya tanggap), Competence (kompentensi), Credibility (kredibilitas), Acces (akses kemudahan), Communication (komunikasi). Metode yang digunakan dalam peelitian ini adaah metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik penelitian informan, dengan menggunakan key informan yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokkan data yang diperoeh, dan juga mendapatkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Jombang khususnya pada pasien penerima jamkesmas sudah cukup baik. Namun disisi lain, perlu adanya perbaikan yang dilakukan. Pengguna layanan banyak yang mengeluh ketepatan dan kecepatan waktu pelayanan, kedatangan dokter dalam pemerikasaan yang kurang tepat waktu, kurangnya fasilitas ruang rawat inap kelas III, kurangnya fasilitas ruang tunggu, dan adanya proses pelayanan yang berbelit-belit, antrian yang lama membuat pasien jamkesmas merasa dianaktirikan Kemudian terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas playanan yaitu struktur organisasi, kemampuan aparat, dan sistem pelayanan. Dalam factor struktur organisasi, tidak ada tumpang tindih dalam pelaksaan tugas karena setiap staff bekerja sesuai dengan bidang yang ditangani, faktor kemampuan aparat didukung dengan adanya pelatihan-pelatihan baik dalam bidang kesehatan maupun pelatihan yang berhubungan dengan kepribadian dan etika, sedangkan dalam faktor sistem pelayanan didukung dengan adanya saluran komunikasi melalui kotak saran dan via telepon yang difungsikan untuk jaringan masuk baik berupa keluhan maupun komplain atas pelayanan yang diberikan. Serta telah digunakannya Sistem Informasi Manajemen komputerisasi berkaitan dengan bidang administrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 50/10 Muf k
Uncontrolled Keywords: HEALT SERVICES; CONSUMER SATISFACTION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA771-771.7 Rural health and hygiene. Rural health services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Eka Mufitasari, 070610147UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRoestoto Hartojo Putro, Drs., SUUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 15:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17224
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item