IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGADAAN DAN PENYALURAN PUPUK BERSUBSIDI (Studi Deskriptif Tentang Implementasi Kebijakan Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Dalam Menanggulangi Kelangkaan Pupuk Bersubsidi Di Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan)

Kartika Candra, 070610119 (2010) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGADAAN DAN PENYALURAN PUPUK BERSUBSIDI (Studi Deskriptif Tentang Implementasi Kebijakan Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Dalam Menanggulangi Kelangkaan Pupuk Bersubsidi Di Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-candrakart-16088-fisan5-k.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-candrakart-13480-fisan5-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah implementasi kebijakan pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi di Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan, dan juga apa saja faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi dalam menanggulangi kelangkaan pupuk di Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan tersebut.Untuk menjawab permasalahan ini, digunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara mendalam, serta memanfaatkan sumber data dokumen. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling, dan selanjutnya berkembang dengan menggunakan teknik snowball. Proses analisis data dilakukan dengan mengkatagorikan dan mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Berdasarkan hasil temuan data yang diperoleh dilapangan menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi di Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran kabupaten Magetan merupakan kebijakan yang melibatkan banyak aktor pelaksana. Seperti produsen, distributor, kios resmi dan juga kelompok tani dan atau petani, kemudian juga diketahui ada campur tangan Dinas Pertanian dan juga Dinas Perindustrian dan Pergadangan dalam pelaksanaan kebijakan ini, selain itu dalam melaksanakan kebijakan pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi ini ada tim khusus yang mengawasi jalannya penyaluran pupuk yaitu KP3 (Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida). Selain itu berdasarkan temuan yang ditemukan dilapangan, ternyata pengimplementasian kebijakan pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi di Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan telah berjalan dengan cukup baik, meskipun tidak di pungkiri masih ada kendala-kendala dalam pelaksanaan namun intensitasnya kecil. Sedangkan terkait dengan peran beberapa faktor dalam implementasi kebijakan tersebut, diketahui ada 2 faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Dari faktor pendukung sendiri adalah adanya faktor komitmen pimpinan politik, kemampuan organisasi dan dukungan kelompok kepentingan. Dari ketiga faktor tersebut memang berjalan sudah cukup baik, kelangkaan pupuk bersubsidi mulai sedikit demi sedikit terkikis, meskipun petani masih mengeluh pupuk masih sulit untuk ditemukan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor banyaknya aktor yang terlibat, Kerumitan yang melekat pada kebijakan itu sendiri dan juga faktor kelompok sasaran. Dari ketiga faktor tersebut merupakan faktor yang kurang mendukung dalam pelaksanaan kebijakan ini. Kata kunci : Implementasi, Kebijakan Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi, penanggulangan kelangkaan pupuk bersubsidi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 52/10 Can i
Uncontrolled Keywords: AGRICULTURAL RESOURCES; FERTILIZERS DISTRIBUTION
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Kartika Candra, 070610119UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRochyati Wahyuni Triana, Dra., Ms.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 07:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17226
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item