PENGARUH TINGKAT KOMUNIKASI TERHADAP TINGKAT EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PROGRAM GREEN AND CLEAN (Studi Deskriptif Tentang Pengaruh Tingkat Komunikasi Terhadap Tingkat Efektivitas Implementasi Program Green and Clean dalam pengelolaan sampah di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya)

Adi B.R. Manurung, 070317018 (2009) PENGARUH TINGKAT KOMUNIKASI TERHADAP TINGKAT EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PROGRAM GREEN AND CLEAN (Studi Deskriptif Tentang Pengaruh Tingkat Komunikasi Terhadap Tingkat Efektivitas Implementasi Program Green and Clean dalam pengelolaan sampah di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-manurungad-16095-fisan5-k.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-manurungad-13487-fisan5-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Untuk mendapatkan tingkat efektifitas dan efisiensi yang tinggi dalam penanganan sampah di kota maka Pemkot Surabaya membuat program Green and Clean. Tujuan dari program ini yaitu untuk dapat meningkatkan efektivitas dalam pengelolaan sampah. Program ini relative baru dikembangkan, dimana prelaksanaanya melibatkan banyak pihak, selain Dinas Kebersihan dan Pertamanan, dibantu juga oleh yayasan unilever, Jawa Pos group, dll. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian survai. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dengan jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 38 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel tingkat komunikasi dengan variabel tingkat efektivitas implementasi program Green and Clean di Dinas Kebersihan dan Pertamanan dengan koefisien korelasi ganda atau R sebesar 0,415. Sedangkan pada analisa regresi linier diperoleh hasil bahwa variabel tingkat komunikasi dengan variabel tingkat efektivitas implementasi program Green and Clean di Dinas Kebersihan dan Pertamanan berpengaruh secara signifikan dimana Nilai F reg (25,580) dinyatakan signifikan dengan α = 0,000 karena α < 0,05 sehingga Ho ditolak, berarti ada pengaruh antara variabel tingkat komunikasi terhadap variabel tingkat efektivitas implementasi program Green and Clean. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa tingkat komunikasi mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat efektivitas implementasi program Green and Clean.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 55/10 Man p
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION; WASTE MANAGEMENT
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences > GE300-350 Environmental management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Adi B.R. Manurung, 070317018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGitadi Tegas, Drs., MSUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 08:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17229
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item