Peran Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah(UKM) Pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Kelurahan Tanah Kali Kedinding Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya.

Mochamad Aifiansyah, 070610462 (2010) Peran Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah(UKM) Pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Kelurahan Tanah Kali Kedinding Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-aifiansyah-16099-fisan5-k.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17231.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan global yang semakin maju menimbulkan berbagai dampak pada beberapa negara, salah satunya adalah Indonesia. Dampak negatif yang ditimbulkan adalah penyempitan lapangan kerja sehingga menimbulkan pengangguran. Pengangguran ini sendiri merupakan salah satu penyebab kemiskinan. Untuk mengatasi peningkatan pengangguran dibuatlah kebijakan PNPM Mandiri yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat secara mandiri. Proses pemberdayaan masyarakat ini memiliki berbagai cara, salah satunya adalah pemberdayaan pada usaha kecil menengah (UKM). Untuk kefektifitasan pemberdayaan tersebut dibutuhkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program, dan juga dibutuhkan peran badan keswadayaan masyarakat (BKM) dalam penanganan dan pengawasan program. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peran badan keswadayaan masyarakat (BKM) dan partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan usaha kecil menengah di kelurahan Tanah Kali Kedinding kecamatan Kenjeran kota Surabaya. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik penentuan informan secara purposive. Data diperoleh dari wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, dokumentasi dan penelusuran internet. Teknik analisa data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data serta analisis data. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa peran BKM dalam pemberdayaan UKM adalah sebagai komunikator, motivator, fasilitator, penyedia pinjaman modal, pembina warga, dan pengawas. Dan untuk partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan UKM adalah pemberi usulan atau informasi, pelaksana program, penikmat hasil program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 57/10 Aif p
Uncontrolled Keywords: SOCIAL CHANGE; POOR FAMILY; WELFARE ECONOMIC
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Mochamad Aifiansyah, 070610462UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEko Supeno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 15:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17231
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item