TINGKAT TRANSPARANSI PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG TINGKAT TRANSPARANSI PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA MELALUI e-PROCUREMENT DI PEMERINTAH KOTA SURABAYA)

Sarmiati, 070517776 (2009) TINGKAT TRANSPARANSI PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG TINGKAT TRANSPARANSI PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA MELALUI e-PROCUREMENT DI PEMERINTAH KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sarmiati-16186-fisan6-k.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sarmiati-13589-fisan6-t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi informasi tidak disia-siakan oleh semua pihak, termasuk sektor pemerintah, Pemerintah baik Pusat maupun Daerah di Indonesia telah mengadopsi teknologi informasi untuk membantu pelaksanaan tugas-tugas mereka. Termasuk juga Pemerintah Kota Surabaya, yang telah mengembangkan inovasi e-government dalam bentuk e-procurement yang dimulai sejak tahun 2003 dan hingga tahun 2009 ini telah mengalami perkembangan untuk peningkatan kualitas dan pelayanan yang lebih baik. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang tingkat transparansi proses pengadaan barang dan jasa melalui e-procurement di suatu instansi pemerintah kota, dan lokasi penelitiannya adalah di Pemerintah Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif yang berusaha memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai fenomena sosial yang diteliti. Dari hasil analisa dan intrepretasi data berdasarkan dua indikator yang digunakan, yaitu Tingkat keterbukaan informasi mengenai proses pelelangan barang dan jasa, dan Intensitas Komunikasi kepada para penyedia barang/jasa mengenai proses pelelangan barang dan jasa, dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksananan proses pelelangan yang dilakukan pemerintah Kota Surabaya melalui Sekretariat Layanan Pengadaan dan Unit Layanan Pengadaan cukup transparan, sehingga mendorong adanya persaingan yang sehat dan mengurangi kecurangan dalam proses pengadaan barang/jasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 60/10 Sar t
Uncontrolled Keywords: ELECTRONIC SYSTEMS; GOVERNMENT PURCHASING
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM701 Social systems
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA168 Systems engineering
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Sarmiati, 070517776UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSunaryo, Drs., MPStUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 09:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17234
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item