SINERGITAS KEWENANGAN LEMBAGA PENGELOLA SUMBER DAYA AIR (Studi Deskriptif Mengenai Sinergitas Kewenangan Lembaga Pengelola Sumber Daya Air di Daerah Aliran Sungai Badan Kali Surabaya)

Didit Bagus Prasetyo, 070517598 (2009) SINERGITAS KEWENANGAN LEMBAGA PENGELOLA SUMBER DAYA AIR (Studi Deskriptif Mengenai Sinergitas Kewenangan Lembaga Pengelola Sumber Daya Air di Daerah Aliran Sungai Badan Kali Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-prasetyodi-16189-fisan6-k.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-prasetyodi-13594-fisan6-s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu untuk menggambarkan sinegitas kewenangan lembaga pengelola sumber daya air.. Peneliti ini mengambil lokasi di Lembaga Pengelola Daerah Aliran Sungai Badan Kali Surabaya yakni Badan Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Timur, Perum Jasa Tirta I, Dinas PU Pengairan Propinsi Jawa Timur, Balai Besar Wilayah Satuan (BBWS) Sungai Brantas dan PDAM Kota Surabaya. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah karena banyaknya lembaga pengelola sumber daya khusunya di Daerah Aliran Sungai badan Kali Surabaya mengakibatkan tidak efektif sehingga terdapat ketidaksinergisan antar lembaga kepentingan sumber daya air. Kendala utama yang mempengaruhi ketidaksinergi adalah koordinasi, komunikasi dan lemahnya kewenangan penegakan hukum dalam mengatasi permasalahan yang ada di Kali Surabaya khusunya pada kualitas air baku dan kuantitas daya dukung dukung lingkungan sumber daya air yang pada gilirannya menurunkan kemampuan pasokan air. Hal ini mengundang keingintahuan untuk melihat permasalahan-permasalahan apa saja yang terjadi dan bagaimana sinergitas kewenagan lembaga pengelola sumber daya air di DAS Badan Kali Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitiannya adalah deskriptif. Temuan-temuan data didapat melalui wawancara mendalam, pengamatan serta penggunaan dokumen. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposif yang diikuti dengan teknik snowball. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber data dengan membandingkan hasil dari wawancara, pengamatan dan dokumen yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan-permasalahan yang dialami lembaga pengelola sumber daya air di Daearah Aliran Sungai Badan Kali Surabaya meliputi permasalahan kurangnya koordinasi,komunikasi, kewenangan mengatur dan penegakan hukum. Oleh karena itu perlu dibentuk suatu sistem dan mekanisme yang sinergi antar lembaga yang lebih adaptif, didukung oleh semua pihak, dan memiliki kekuatan dalam banyak aspek, mulai dari kekuatan hukum hingga kekuatan dalam pembiayaan kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 63/10 Pra s
Uncontrolled Keywords: WATER RESOURCES DEVELOPMENT
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD481-493 Water distribution systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Didit Bagus Prasetyo, 070517598UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSunaryo, Drs., MpstUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 09:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17237
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item