PERILAKU PENEMUAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Strata-1 Universitas Airlangga Terhadap Penggunaan Perpustakaan dan Internet Berdasarkan Tingkatan atau Angkatan)

QURROTA AINI, 070517726 (2009) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Strata-1 Universitas Airlangga Terhadap Penggunaan Perpustakaan dan Internet Berdasarkan Tingkatan atau Angkatan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-ainiqurrot-16453-fisiip-k.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-ainiqurrot-13833-fisiip-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tentang perilaku penemuan informasi saat ini telah berkembang pesat terutama sejak tahun 1948 yang merupakan titik tolak penelitian terhadap perilaku penemuan informasi. Cakupan penelitiannya pun semakin luas dan beragam, dan tidak hanya pada masalah penggunaan perpustakaan saja. Dalam hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti, banyak sekali teori dan model perilaku penemuan informasi yang dihasilkan. Penelitian ini terutama mengacu pada model Wilson dan Brenda Dervin. Dimana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perilaku penemuan informasi mahasiswa Strata-1 berdasarkan tingkatan. Penelitian ini mengkaji pada penggunaan perpustakaan dan penggunaan internet diantara para mahasiswa Strata-1 Universitas Airlangga berdasarkan tingkatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Dimana sampel sumber data dipilih dengan menggunakan teknik sampling purposif (purposive sampling) yaitu dimana sampel ini digunakan pada penelitian-penelitian yang lebih mengutamakan tujuan penelitian. Sampel dari penelitian ini adalah para pengunjung perpustakaan Universitas Airlangga sejumlah 100 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perilaku penemuan informasi diantara mahasiswa Strata-1 berdasarkan tingkatan ini tidaklah jauh berbeda baik dari segi penggunaan perpustakaan maupun penggunaan internet. Dalam penelitian ini juga dijelaskan tentang hambatan dalam penemuan informasi dan cara mengatasi hambatan tersebut oleh Mahasiswa Strata-1 berdasarkan tingkatan. Perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi, harus dapat mengetahui kebutuhan para penggunanya. Oleh karena itu, perpustakaan Universitas Airlangga khususnya harus lebih memahami kebutuhan para penggunanya terutama mahasiswa Strata-1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FIS IIP 24/10 Ain p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; SOCIAL CHANGE
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
QURROTA AINI, 070517726UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNove Eka Variant, S.Sos., MIMSUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 16 Mar 2011 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 06:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17279
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item