PERSEPSI SISWA-SISWI SMA TERHADAP KEBERADAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH (Studi Deskriptif pada SMA Negeri 3 Jombang dan SMA PGRI 1 Jombang )

ARIYANTI INDRASARI, 070730609 (2009) PERSEPSI SISWA-SISWI SMA TERHADAP KEBERADAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH (Studi Deskriptif pada SMA Negeri 3 Jombang dan SMA PGRI 1 Jombang ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-indrasaria-17062-fisiip-k.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-indrasaria-14291-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan sumber belajar yang penting dalam proses pendidikan. Jenis koleksi dan pelayanan yang sangat menentukan keberhasilan suatu perpustakaan dalam memberikan jasa layanan informasi kepada penggunanya. Berkaitan dengan tugas pokok perpustakaan sebagai sumber informasi, maka perpustakaan berusaha menyediakan koleksi yang berkualitas Untuk mengetahui sejauh mana kualitas koleksi yang ada dapat dilihat dari perbedaan persepsi perpustakaan antara SMA Negeri 3 Jombang dan SMA PGRI 1 Jombang terhadap kualitas koleksi dalam memenuhui kebutuhan informasi. Dari persepsi tersebut akan dihasilkan penilaian, kesan dan pendapat mengenai jenis koleksi, sistem pelayanan yang dilihat dari berbagai segi seperti perhatian pada pengunjung perpustakaan, untuk jenis koleksi jumlah eksemplar, keragaman judul, keragaman subyek, kemutahikran informasi, kualitas informasi dan kondisi fisik koleksi, yang nantinya dapat dijadikan sebagai tolok ukur apakah koleksi sudah cukup berkualitas. Dalam penelitian ini menggunakan tipe studi deskriptif yaitu penelitian yang memberikan gambaran mengenai situasi, kejadian, fenomena atau obyekobyek tertentu secara sistematis dan akurat. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dengan tujuan supaya semua anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi responden. Secara spesifik penelitian ini menggunakan simple random sampling. Pendekatan yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan cara memberikan penilaian dengan memberikan kode – kode yang telah ditentukan untuk setiap jawaban yang ada pada kuesioner (koding), untuk kemudian diselesaikan dengan cara pemberian skor pada keseluruhan jawaban dan menggunakan tabel frekuensi untuk menganalisis data yang telah diperoleh. Hasil dari penelitian ini rata-rata siswa SMA Negeri 3 dan SMA PGRI 1 Jombang pernah berkunjung ke perpustakaan dan persepsi tentang perpustakaan cukup baik di mata siswa-siswi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 31/10 Ind p
Uncontrolled Keywords: SCHOOL - LIBRARY
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARIYANTI INDRASARI, 070730609UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 25 Mar 2011 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 07:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17285
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item