Perilaku Informasi Kesehatan Bagi Masyarakat Lanjut Usia di Surabaya (Studi Deskriptif tentang Peran Modal Sosial dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan bagi Masyarakat Lanjut Usia di Surabaya)

Diyan Bayu Mustikoaji, 070517823 (2009) Perilaku Informasi Kesehatan Bagi Masyarakat Lanjut Usia di Surabaya (Studi Deskriptif tentang Peran Modal Sosial dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan bagi Masyarakat Lanjut Usia di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-mustikoaji-17372-fisiip-k.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-mustikoaji-14553-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Melalui penelitian ini, peneliti ingin mencoba menggambarkan bagaimana perilaku dari orang-orang yang telah berusia lanjut dalam mememnuhi informasi kesehatan yang mereka butuhkan. Peneliti mencoba menggunakan teori modal sosial dan teori pilihan rasional untuk menggambarkan beberapa alasan yang menyebabkan individu-individu yang berusia lanjut tersebut mengakses informasi kesehatan melalui sumber informasi tertentu, selain itu peneliti juga menggunakan teori tentang sumber informasi dan beberapa penelitian sejenis untuk menjelaskan sumber informasi yang diakses oleh seseorang ketika orang tersebut membutuhkan suatu informasi. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dimana yang menjadi responden adalah warga masyarakat yang telah berusia lanjut atau 60 tahun ke atas. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama, Jenis informasi kesehatan yang sering diakses adalah mengenai tips-tips kesehatan dimana tips tersebut langsung bersifat aplikatif dan mudah untuk dilakukan oleh masyarakat lanjut usia. Kedua, Sumber informasi yang dipilih untuk diakses oleh masyarakat yang berusia lanjut umumnya adalah sumber informasi yang tersedia di sekitar mereka seperti televisi atau koran. Keluarga, teman, dan tetangga juga menjadi pilihan mereka untuk mengakses informasi. Internet hanya diakses oleh sebagian kecil masyarakat yang berusia lanjut karena faktor biaya dan kemampuan diri. Ketiga, Alasan masyarakat untuk memilih suatu sumber informasi sangat beragam, seperti faktor biaya yang dikeluarkan faktor kemampuan berkomunikasi denagn lawan bicara, dan kemampuan untuk mengakses sumber informasi itu sendiri. Internet sebagai salah satu sumber informasi jarang dituju oleh responden karena para responden yang telah berusia lanjut tersebut merasa kesulitan untuk mengakses informasi kesehatan melalui internet, selain itu faktor biaya juga mempengaruhi mengapa internet jarang dipilih, hal ini berbeda dengan sumber informasi yang lainnya seperti televisi dan koran. Keempat, Jejaring social ternyata berperan didalam akses informasi yang dilakukan oleh masyarakat yang telah berusia lanjut. Kelima, Bantuan dari pihak diluar diri seseorang ternyata berpengaruh terehadap akses informasi kesehatan yang dilakukan olehnya. Bantuan yang diberikan tergantung dari pengalaman dan tingkat pendidikan orang-orang yang ada di sekitar seseorang yang telah berusia lanjut. Keenam, Faktor kepercayaan terhadap informasi yang diberikan oleh suatu sumber informasi memegang peran penting dalam pengaksesan informasi kesehatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 35/10 Mus p
Uncontrolled Keywords: INFORMATION BEHAVIOR; SOCIAL CHANGE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Diyan Bayu Mustikoaji, 070517823UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 Mar 2011 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 07:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17289
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item