EVALUASI TERHADAP EFEKTIVITAS LAYANAN SIRKULASI MANDIRI DALAM SISTEM PEMINJAMAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)

Sigit Prastiyo Nugroho, 070517816 (2009) EVALUASI TERHADAP EFEKTIVITAS LAYANAN SIRKULASI MANDIRI DALAM SISTEM PEMINJAMAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-nugrohosig-17374-fisiip-k.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17290.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas layanan sirkulasi mandiri dalam sistem peminjaman koleksi di Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif. Dalam hal pengambilan sampel digunakan teknik Sampling Accidental, sehingga peneliti menentukan sampel sumber datanya berdasarkan pengguna perpustakaan yang telah menggunakan layanan sirkulasi mandiri pada waktu dilakukan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa implementasi layanan sirkulasi mandiri di Perpustakaan UM telah berjalan dengan efektif, dimana dapat dilihat dari mayoritas responden berpendapat dengan jawaban “setuju” pada setiap item pernyataan. Hanya saja item pernyataan no.16 menunjukkan hasil yang negatif, yaitu 59 % responden “setuju” bahwa dalam melakukan aktivitasnya system sirkulasi mandiri sering mengalami gangguan. Berdasarkan hasil tersebut, maka perpustakaan UM masih perlu meningkatkan kualitas sistem layanan di bagian sirkulasi mandiri. Sebagai saran, meskipun implementasi layanan sirkulasi mandiri pada perpustakaan UM pada umumnya dikatakan efektif, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu mengenai ketanggapan petugas terhadap kesulitan/keluhan yang dialami pengguna perpustakaan yang menurut pendapat pengguna perpustakaan masih kurang. Pustakawan diharapkan segera menindaklanjuti setiap keluhan dari pengguna perpustakaan terkait item no.16, yaitu dalam melakukan aktivitasnya sistem sirkulasi mandiri sering mengalami gangguan Mengingat perlunya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna perpustakaan, maka Perpustakaan UM harus meningkatkan faktor penunjang dan meminimalisir faktor penghambat pelayanan yang ada di perpustakaan terutama di bagian layanan peminjaman mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 36/10 Nug e
Uncontrolled Keywords: CONSUMER SATISFACTIONS; LIBRARY-AUTOMATION SYSTEM
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Sigit Prastiyo Nugroho, 070517816UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 Mar 2011 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 16:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17290
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item