MOTIVASI SISWA DALAM PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SMA RSBI) (Studi Deskriptif Tentang Motivasi Siswa dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Pada SMA Negeri 5, SMA Negeri 2, dan SMA Khotidjah Surabaya

Rahma Yasinta, 070517950 (2009) MOTIVASI SISWA DALAM PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SMA RSBI) (Studi Deskriptif Tentang Motivasi Siswa dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Pada SMA Negeri 5, SMA Negeri 2, dan SMA Khotidjah Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-yasintarah-17379-fisiip-k.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-yasintarah-14559-fisiip-m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengkaji dan memahami tentang motivasi siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah pada SMA Rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) di Surabaya. Studi ini dilakukan untuk mengetahui gambaran motivasi siswa (yang meliputi motivasi intrinsic dan motivasi ekstrinsik) dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi pemanfaatan perpustakaan yang mencakup peran guru, tenaga pengelola/ pustakawan, dan koleksi, serta gedung dan fasilitas perpustakaan. Studi ini penting dikaji sebagai salah satu upaya penggambaran motivasi siswa dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah khususnya di SMA RSBI. Dimana dalam syarat pengembangan kualitas pendidikan di SMA RSBI peran perpustakaan sangat dibutuhkan. Mengingat perpustakaan adalah sumber informasi, sehingga dengan adanya motivasi dalam pemanfaatan perpustakaan ini tentunya akan sangat dibutuhkan dalam pengembangan perpustakaan sekolah kedepannya. Studi ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Hamalik untuk menjawab tentang gambaran motivasi pemanfaatan perpustakaan yang terdiri motivasi intrinsic dan motivasi ekstrinsik. Dimana motivasi intrinsic disini mencakup pada minat siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai suatu hal yang menyenangkan dan suatu tujuan untuk mencapai cita-cita yang diinginkan. Dan motovasi ekstrinsik adalah dorongan siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sekolah karena siswa menganggap bahwa memanfaatkan perpustakaan sebagai suatu kewajiban dalam proses belajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam memanfaatkan perpustakaan lebih pada peran guru dalam memberi motivasi siswa untuk berdiskusi di perpustakaan. Tentunya hal itu juga perlu didukung dengan pelayanan pustakawan yang ramah, koleksi yang disediakan lengkap dan up to date, fasilitas yang memadai, dan kondisi perpustakaan yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 37/10 Yas m
Uncontrolled Keywords: MOTIVATION, SCHOOL LIBRARY
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Rahma Yasinta, 070517950UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 Mar 2011 12:00
Last Modified: 16 Sep 2016 02:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17291
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item