ILUMINASI EPHEMERA STUDI PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI DALAM RESEPSI DAN REKOLEKSI MASYARAKAT PERKOTAAN ( Kasus Tiket Bioskop, Poster, Kliping, Sketsa Grafis dan Surat Pribadi )

Muhammad Hamdani, 070317100 (2009) ILUMINASI EPHEMERA STUDI PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI DALAM RESEPSI DAN REKOLEKSI MASYARAKAT PERKOTAAN ( Kasus Tiket Bioskop, Poster, Kliping, Sketsa Grafis dan Surat Pribadi ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-hamdanimuh-17397-fisiip-k.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17296.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini membahas tentang bagaimana resepsi dan rekoleksi masyarakat perkotaan. Untuk mengetahui itu diurai masyarakat perkotaan yang terspasialisasi oleh ruang dan komoditas. Resepsi masyarakat perkotaan bukanlah penerimaan pasif tapi hanya mengosongkan diri untuk sementara. Rekoleksi baru terjadi kemudian ketika masyarakat perkotaan masuk dalam wilayah interiornya, ruang pribadi. Dimana dimulai pertanyaan tentang eksistensinya. Ephemera yang ada dalam keseharian baik yang populer maupun pribadi dijadikan titik tolak analisis. Ephemera sebagai dokumen sementara sering kali di lupakan dan dibuang begitu saja. Padahal banyak hal yang bisa kita dapatkan. Melalui ephemera dapat dilihat proses rekoleksi untuk mendapatkan korespondensi tentang kesadaran eksistensial. Tulisan ini menggunakan teks-teks Walter Benjamin untuk menelusuri jejak rekoleksi dan resepsi manusia perkotaan. Teori Sense-Making juga digunakan untuk menjelaskan situasi yang dihadapi oleh kolektor. Dengan begitu dapat diungkap praktik estetis dalam keseharian melalui perilaku mengkoleksi. Metodologi yang digunakan adalah metodologi visual, hermeneutik dan triangulasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 41/10 Ham i
Uncontrolled Keywords: CORRESPONDENCE
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Hamdani, 070317100UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Susantari, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 Mar 2011 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 16:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17296
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item