TIPOLOGI PERPUSTAKAAN KOMUNITAS DI SURABAYA (STUDI KUALITATIF TENTANG TIPOLOGI PERPUSTAKAAN KOMUNITAS YANG ADA DI SURABAYA)

Ratna Eka Anggraeni, 070517973 (2009) TIPOLOGI PERPUSTAKAAN KOMUNITAS DI SURABAYA (STUDI KUALITATIF TENTANG TIPOLOGI PERPUSTAKAAN KOMUNITAS YANG ADA DI SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-anggraenir-17431-fisiip-k.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-anggraenir-14611-fisiip-t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang tipologi perpustakaan komunitas yang ada di Surabaya. Dalam penelitian ini dibahas bagaimana karakteristik dan tipe-tipe dari perpustakaan komunitas yang ada di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipologi dari perpustakaan komunitas yanga ada di Surabaya dengan menggunakan beberapa karakteristik-karakteristik berikut adalah sebagai berikut, yaitu: segi fisik atau bentuk bangunan, segi koleksi, segi layanan, segi komunikasi. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif untuk menggambarkan perpustakaan komunitas yanga ada di Surabaya. Dalam menentukan informan di penelitian ini menggunakan teknik Snow Ball / Bola Salju, yaitu merupakan teknik penentuan sampel yang awalnya adalah berjumlah kecil, kemudian sampel berikutnya ini menjadi berkembang semakin banyak dan seterusnya ibarat bola salju yang menggelinding ke bawah semakin besar bentuknya. Data diperoleh melalui indepth interview (wawancara mendalam), observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dari temuan data dilakukan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan analisa selama pengumpulan data. Hasil dari penelitiaan ini adalah Peneliti dapat melihat dari fenomena-fenomena yang terjadi di perpustakaan komunitas yang akhirnya, peneliti dapat mengolongkan menjadi sebuah tipologi berdasarkan unsure-unsur yang telah ditentukan. Unsure-unsur tersebut adalah Struktur organisasi, Layanan, Komunikasi, Legalitas, Perawatan, Klasifikasi, Pelayanan Sirkulasi, Koleksi. Dan akhirnya mendapatkan tipologi perpustakaan komunitas berdasarkan sifatnya dibagi menjadi 2 kategori yaitu formal dan informal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 48/10 Ang t
Uncontrolled Keywords: TYPOLOGY; LIBRARY - COMMUNITY
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Ratna Eka Anggraeni, 070517973UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Gunarti, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 Mar 2011 12:00
Last Modified: 16 Sep 2016 02:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17303
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item