PERILAKU BERBAGI INFORMASI (INFORMATION SHARING BEHAVIOR) DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Deskriptif Tentang Peranan Modal Sosial dalam Perilaku Berbagi Informasi di Kalangan Mahasiswa Strata Satu (S1) Fakultas Farmasi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poli

Agung Dwijayanto, 070610307 (2010) PERILAKU BERBAGI INFORMASI (INFORMATION SHARING BEHAVIOR) DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Deskriptif Tentang Peranan Modal Sosial dalam Perilaku Berbagi Informasi di Kalangan Mahasiswa Strata Satu (S1) Fakultas Farmasi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poli. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-dwijayanto-17490-fisiip-k.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-dwijayanto-14659-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Meningkatnya kebutuhan informasi setiap individu semakin menunjukkan bahwa informasi merupakan sesuatu kebutuhan yang mendesak dan harus segara dipenuhi. Pemenuhan kebutuhan informasi yang kompleks diiringi dengan munculnya fenomena upaya pemenuhan kebutuhan informasi dengan perilaku berbagi informasi (information sharing behavior) melibatkan modal sosial yang ada di kalangan mahasiswa. Dari fenomena tersebut peneliti ingin menggambarkan peranan modal sosial dalam perilaku berbagi informasi untuk memenuhi kebutuhan informasi di kalangan mahasiswa. Dari penelitian sebelumnya yang dilakukan di negara lain, para peneliti juga melibatkan haya menggunakan tiga komponen modal sosial antara lain kepercayaan, jaringan sosial, dan norma. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa modal sosial bukan merupakan kerangka kerja yang efektif dalam perilaku berbagi informasi guna memenuhi kebutuhan informasi pada kalangan staf pengajar di Finlandia. Namun, dalam penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe diskriptif ini peneliti ingin menggambarkan kebutuhan informasi dalam perilaku berbagi informasi pada kalangan mahasiswa, sumber dan jenis informasi yang dibutuhkan dalam perilaku berbagi informasi untuk memenuhi kebutuhan informasi pada kalangan mahasiswa serta perilaku berbagi informasi melibatkan peran modal sosial di kalangan mahasiswa dengan menggunakan 6 komponen modal sosial yakni kepercayaan, partisipasi aktif, pertukaran, norma, nilai, dan tindakan proaktif serta tipe modal sosial terikat atau menjembatani yang terbentuk pada kalangan mahasiswa di lingkungan Universitas Airlangga, tepatnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Fakultas Farmasi.dan teknik pengambilan sampel mengggunakan multistage random sampling Hasil penelitian yang diperoleh peneliti, menunjukkan bahwa modal sosial juga ikut berperan dalam perilaku berbagi informasi pada kalangan mahasiswa, dimana dalam perilaku berbagi informasi terdapat dua tipe yang digunakan yakni secara langsung atau secara virtual dalam memenuhi kebutuhannya utamanya akan informasi akademik pada kalangan mahasiswa. Dan tipe modal sosial yang terbentuk pada kalangan mahasiswa yakni modal sosial yang menjembatani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 52/10 Dwi p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR ; SOCIAL CHANGE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Agung Dwijayanto, 070610307UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 31 Mar 2011 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 04:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17305
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item