PERILAKU PLAGIARISME INTERNET (Studi Tentang Tipologi Perilaku Plagiarisme Internet Di Kalangan Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Airlangga)

Puspita Mahesti Ririh, 070610367 (2010) PERILAKU PLAGIARISME INTERNET (Studi Tentang Tipologi Perilaku Plagiarisme Internet Di Kalangan Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-ririhpuspi-17497-fisiip-k.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-ririhpuspi-14677-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai tipologi perilaku plagiarisme internet di kalangan mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas (FISIP) Airlangga. Penelitian ini perlu dilakukan untuk memahami kepentingan, bentuk – bentuk, dan perilaku plagiarisme internet yang ada di kalangan mahasiswa, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi yang semakin memudahkan untuk melakukan plagiarisme. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap. Pada tahap awal dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, penelitian ini diarahkan untuk memastikan ada atau tidaknya perilaku plagiarisme internet yang terjadi pada mahasiswa S1 FISIP Universitas Airlangga. Pada tahap selanjutnya, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini diarahkan untuk menemukan tipologi perilaku plagiarisme internet di kalangan mahasiswa S1 FISIP Universitas Airlangga. Dari hasil analisa data yang diperoleh melalui indepth interview dan focus group discussion (FGD), telah ditemukan bahwa perilaku plagiarisme internet yang terjadi di kalangan mahasiswa tidak selalu dipengaruhi oleh pilihan rasional. Ketika mahasiswa berhadapan dengan larangan (norma) bahwa perilaku plagiat dilarang, yang ditemukan adalah pertama, terdapat mahasiswa yang mengembangkan perilaku plagiarisme dengan mendasarkan pada pilihan rasional untuk menghindari sanksi yaitu dengan memilih jenis tugas akademik yang akan diplagiat untuk meminimalkan kerugian/resiko. Kedua, terdapat mahasiswa yang tetap melakukan plagiarisme dan tidak mengembangkan pilihan rasional dalam perilaku plagiarismenya sebagai upaya menyiasati anggapan bahwa tindakannya tidak melanggar norma. Secara garis besar dari kedua jenis perilaku di atas, penelitian ini mentipologi perilaku plagiarisme internet yang ada di kalangan mahasiswa menjadi dua tipe, yaitu Real Act-CyberPlagiarism dan Side Act-CyberPlagiarism. Real Act-CyberPlagiarism mempunyai karakteristik 1) tidak menggunakan pilihan rasional dalam melakukan plagiarisme, 2) cenderung pasif dalam mencari model dan strategi untuk menyiasati plagiarisme, dan 3) tidak memindahkan perilaku plagiarismenya kepada kelompok sosial, sehingga cenderung lebih independent. Berbeda dengan Side Act-CyberPlagiarism yang merupakan aktor rasional, yang mempunyai karakteristik 1) menggunakan pilihan rasional dalam melakukan plagiarisme, 2) cenderung aktif dalam mencari model dan strategi untuk menyiasati plagiarisme, sehingga memunculkan istilah baru dalam perilaku plagiarisme internetnya, serta 3) menjadi trend setter perilaku plagiarisme internet dalam kelompok sosialnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 54/10 Rir p
Uncontrolled Keywords: COPYRIGHT; PLAGIARISM
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Puspita Mahesti Ririh, 070610367UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 31 Mar 2011 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 03:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17307
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item