PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Deskriptif Perilaku Penggunaan Internet pada Peran dan Kebutuhan para Guru SMAN 5 Surabaya, SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, SMAN 2 Surabaya)

Yunita Rachmawati, 070610366 (2010) PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Deskriptif Perilaku Penggunaan Internet pada Peran dan Kebutuhan para Guru SMAN 5 Surabaya, SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, SMAN 2 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rachmawati-17737-fisiip-k.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rachmawati-14862-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi mengenai perilaku penggunaan informasi hingga saat ini masih menitikberatkan pada sejauh mana perkembangan pola perilaku pada seseorang maupun kelompok dalam mencari atau menggunakan informasi. Dalam penelitian ini mengkaji dan memahami tentang gambaran kebutuhan informasi guru dilihat dari perannya dimana penelitian dilakukan pada guru sekolah menengah atas (SMA) Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMAN 5, SMA Muhammadiyah 2 dan SMAN 2 yang berada di pusat kota Surabaya. Karena adanya keterbatasan dana dan waktu peneliti maka hanya terpilih 3 sekolah saja, penelitian dilakukan selama kurang lebih 2 bulan. Berdasarkan data yang diperoleh terdapat populasi sejumlah 237, dengan menggunakan simple random sampling diperoleh 70 responden. Studi ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kemampuan guru dalam mengaplikasikan internet, terlebih pada sekolah RSBI sendiri para siswa dituntut untuk selalu mengaplikasikan teknologi informasi (internet). Maka para guru pun setidaknya juga dituntut lebih paham mengenai perkembangan tersebut. Penelitian ini penting dikaji sebagai salah satu upaya dalam penggambaran perilaku kebutuhan informasi guru melalui media internet, dimana kemampuan ini nantinya akan dibutuhkan dalam pencarian sebuah informasi yang relevan ketika guru tersebut mengakses informasi yang mereka butuhkan. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman terhadap sumber informasi di internet pada responden sebanyak (34,3%) dan kurangnya kemampuan dalam mengakses responden sebanyak (37,1%). Dengan melihat hasil penelitian tersebut diperoleh gambaran bahwa penggunaan internet yang dilakukan oleh guru SMA RSBI baik laki-laki maupun perempuan di sekolah wilayah perkotaan sebagian besar memiliki karkteristik yang sama, dilihat dari faktor pendorong juga penghambat dalam mengakses kebutuhan informasi mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 72/10 Rac p
Uncontrolled Keywords: INTERNET; TEACHER - INFORMATION BEHAVIOR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Yunita Rachmawati, 070610366UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDTri Susantari, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 05 Apr 2011 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 01:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17322
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item