PERILAKU PENEMUAN INFORMASI KESEHATAN (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Penemuan Informasi Kesehatan Pada Beberapa Komunitas Kesehatan di Kota Surabaya)

Diah Aryaningsih, 070830377 (2011) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI KESEHATAN (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Penemuan Informasi Kesehatan Pada Beberapa Komunitas Kesehatan di Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-pancaringt-14909-fisiip-1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-aryaningsi-14911-fisiip-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan informasi kesehatan dari hari ke hari bisa dikatakan semakin meningkat di era informasi ini. Hal ini terlihat dari beberapa upaya yang dilakukan sebagai tindakan preventif, salah satunya adalah mencari informasi kesehatan. Proses pencarian informasi kesehatan tersebut merupakan bentuk perilaku penemuan informasi kesehatan. Studi tentang perilaku penemuan informasi kesehatan ini membahas tentang kebutuhan informasi kesehatan masyarakat di kota Surabaya berdasarkan jenis kelamin, Sumber-sumber informasi yang digunakan dalam proses penemuan informasi kesehatan, karakteristik pengguna informasi berdasarkan sumber informasi, dan tahapan-tahapan dalam proses penemuan informasi kesehatan yang bertujuan untuk menjaga kesehatannya sebagai tindakan preventif. Metode penelitian ini menggunakan snowball sampling ( bola salju ) pada 50 responden yang tergabung pada komunitas komunitas kesehatan yaitu : komunitas bike to work, komunitas jantung sehat, komunitas yang tergabung dalam aktivitas olahraga senam/ fitness, dan komunitas yang tergabung dalam aktivitas olahraga futsal. Penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, kebutuhan informasi kesehatan masyarakat dalam menjaga kesehatannya sebagai tindakan preventif adalah informasi tentang kebugaran/ fitness. Kedua, sumber informasi yang banyak digunakan untuk mencari informasi kesehatan adalah keluarga/ teman. Ketiga, dalam proses penemuan informasi kesehatan tersebut, masyarakat yang tergabung dalam komunitas kesehatan dapat dikarakteristikkan sebagai pengguna elektronik sosial dimana pengguna tersebut selain menggunakan sumber elektronik juga menggunakan internet dan bertanya kepada teman dan keluarga untuk mencari informasi kesehatan. Keempat, penelitian ini juga menunjukkan tahapan-tahapan dalam proses penemuan informasi kesehatan berdasarkan teori Kulhthau. Tahapan- tahapan ini dimulai dari adanya kesenjangan antara kebutuhan informasi dengan pengetahuan yang ada disekitarnya, proses penemuan informasi secara aktif, berkonsultasi dengan dokter untuk memahami informasi, mengumpulkan informasi, menyeleksi informasi sampai dengan pengaruh/ dampak informasi kesehatan tersebut terhadap pengambilan keputusan untuk memilih perawatan dan pengobatan medis yang tepat. Kata kunci : informasi kesehatan, perilaku penemuan informasi, perilaku penemuan informasi kesehatan, komunitas kesehatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 77/10 Ary p
Uncontrolled Keywords: INFORMATION - BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Diah Aryaningsih, 070830377UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 07 Apr 2011 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 04:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17327
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item