ANALISIS KEPUASAN LULUSAN JURUSAN ILMU INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN PADA BIDANG PEKERJAAN YANG DITEKUNI

RAGIL TRI ATMI, 070610047 (2011) ANALISIS KEPUASAN LULUSAN JURUSAN ILMU INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN PADA BIDANG PEKERJAAN YANG DITEKUNI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-atmiragilt-17829-fisiip-k.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17328.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan adalah sebuah ilmu interdisipliner, yaitu ilmu yang menggabungkan ilmu hukum, dan ilmu terapan untuk mempelajari topik yang berkaitan dengan perpustakaan. Sehingga para lulusannya memiliki beberapa kompetensi yang patut untuk diperhitungkan pada dunia kerja. Akan tetapi anggapan rendah akan profesi pustakawan di mata public serta telatnya pemerintah akan kesejahteraan para pustakawan, membuat pustakawan tidak merasa puas akan profesinya tersebut, mereka merasa penghargaan yang diberikan masih kurang. Oleh karena itu, banyak dari mereka melakukan perpindahan kerja baik itu dari berawal dari pustakawan kemudian menjadi staf perkantoran, dan sebaliknya. Dari fenomena tersebut timbul permasalah yaitu, bagaimana kepuasan penghargaan yang diterima pustakawan dari tempat bekerja, faktor apa yang menentukan instansi swasta memberikan penghrgaan pada mereka, serta bagaimana pustakawan mengungkapkan kepuasaan atas penghragaan tersebut. Penggambaran ini kemudian dideskripsikan dengan menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan data secara kualitatif. Dari pendeskripsian tersebut, ditemuakan data, bahwa pustakwan merasa sangat tidak puas akan bentuk penghargaan yang diterima dari instansi yang dinaunginya, adapun beberapa pustakawan yang merasa puas akan profesinya, hal ini disebabkan adanya“bay caliing” atau panggilan jiwa, sehinga kecil atau besarnya sebuah penghargaan, tidak mempengaruhi mereka untuk terus berprofesi sebagai seorang pustakawan. Adapun hal-hal yang mempengaruhi mereka mendapatkan penghargaan adalah kinerja yang sangat baik yang ditunjukkan oleh para pustakwan itu. Sedangkan pustakawan yang tidak puas akan penghargaan itu mengungkapkannya secara berbeda-beda diantaranya adalah keluar, menunggu secara pasif, mengabaikan, menyuarakan, dll. Adapun saran yang diberikan baik secara akademis dan praktis adalah agar jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan lebih meningkatkan kompetensi para mahasiswanya, untuk menjadi pustkawan yang layak untuk diperhitungkan pada dunia kerja, serta pada penelitian selanjutnya agar memilih instansi negeri untuk dijadikan populasinya, sehingga dapat mengetahui dan membandingkan bagaimana kepuasan para pustakwan pada istansi negeri dan pada instansi swasta. Kunci : Pustakawan. Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Penghargaan, Kepuasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 78/10 Atm a
Uncontrolled Keywords: LIBRARY; CUSTOMER SATISFACTION
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RAGIL TRI ATMI, 070610047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 07 Apr 2011 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 16:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17328
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item