PERILAKU PENEMUAN INFORMASI MELALUI INTERNET (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Melalui Internet dalam Proses Penulisan Skripsi Pada Mahasiswa FISIP UNAIR)�

Rizki Tri Mayasari, 070610280 (2011) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI MELALUI INTERNET (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Melalui Internet dalam Proses Penulisan Skripsi Pada Mahasiswa FISIP UNAIR)�. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-mayasariri-17861-fisiip-k.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-mayasariri-14925-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini, internet menjadi sumber informasi yang paling banyak digunakan orang untuk mencari informasi yang dibutuhkan, tak terkecuali mahasiswa. Penggunaan internet untuk memenuhi kebutuhan sebagai sumber informasi dikarenakan mudah, cepat, tepat, murah dan akurat. Melalui internet, mahasiswa dapat mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan sesuai kebutuhan yang relevan dengan subjek mata kuliah. Internet menjadi pilihan alternatif pencarian informasi bagi mahasiwa selain perpustakaan. Internet merupakan saluran informasi yang cukup memberikan banyak kelebihan dibandingkan saluran informasi lainnya. Salah satu tahapan yang harus dilalui mahasiswa dalam proses belajarnya di perguruan tinggi adalah penulisan skripsi. Tahapan ini wajib dilalui mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Proses penulisan skripsi ini menuntut mahasiswa untuk berusaha lebih optimal. Skripsi sering dianggap sebagai suatu masalah baru bagi mahasiswa, karena mahasiswa yang bersangkutan harus menyediakan waktu khusus untuk mengerjakannya sampai selesai. Penelitian ini dimaksudkan guna mengetahui perilaku penemuan informasi melalui internet dalam proses penulisan skripsi pada mahasiswa Fisip Universitas Airlangga, sehingga bisa diketahui pola perilaku serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi perilaku penemuan informasi mahasiswa Fisip Unair yang sedang dalam proses penulisan skripsi. Lokasi penelitian adalah kampus FISIP Universitas Airlangga karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola perilaku penemuan informasi melalui internet pada mahasiswa dalam proses penulisan skripsi. Penelitian ini merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Yi Shen (2008) yang menggunakan ilmuwan sosial sebagai obyek penelitian. Jumlah responden responden dalam penelitian ini adalah 85 orang, yang di ambil dari 437 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah penulisan skripsi yang telah diacak. Hasil penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa FISIP memiliki pola pencarian informasi di internet secara Undirect viewing merupakan pola pencarian informasi yang masih belum terfokus dan spesifik. Seseorang masih mencari topic untuk menentukan judul yang sesuai dengan kebutuhannya dengan cara memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan topik informasi yang dibutuhkan. Kemudian secara Conditioned viewing merupakan pola informasi yang mengarahkan seseorang untuk melihat informasi mengenai topic yang dipilih atau jenis informasi tertentu. Yang ketiga secara Informal search merupakan kegiatan secara aktif mencari informasi untuk memperdalam pengetahuan mengenai topic terpilih. Dan yang terakhir Formal search merupakan pola pencarian informasi yang terarah dan terstruktur guna memperoleh informasi yang terperinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 82/10 May p
Uncontrolled Keywords: INTERNET; INFORMATION BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rizki Tri Mayasari, 070610280UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDessy Harisanty,, S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 07 Apr 2011 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 06:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17332
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item