PERAN PENDIDIKAN PEMAKAI DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA (STUDI DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS X SMA KHADIJAH SURABAYA)

Nella Verira, 070610408 (2011) PERAN PENDIDIKAN PEMAKAI DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA (STUDI DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS X SMA KHADIJAH SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-veriranell-17863-fisiip-k.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-veriranell-14927-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di setiap sekolah, kegiatan belajar yang ditunjang oleh fasilitas serta bahan pustaka yang tersedia di perpustakaan akan memberikan pengalaman ganda yaitu dapat mencapai tujuan pengajaran dan kemampuan menggunakan perpustakaan sebagai sumber belajar. Dengan perannya yang strategis, perpustakaan perlu didukung oleh kemampuan teknik-teknik yang efesien dan efektif dalam penggunaan sarana (layanan) perpustakaan untuk memenuhi informasi yang dibutuhkan oleh pemakainya. Namun permasalahannya ternyata masih banyak siswa yang belum tahu atau bahkan tidak mempunyai pengetahuan dasar teknik penelusuran dan penggunaan perpustakaan yang dibutuhkannya. Menghadapi masalah tersebut, program pendidikan pemakai dapat memainkan peranan tidak hanya bertujuan mendidik pengguna perpustakaan menggunakan perpustakaan secara efisien dan mandiri. Fakta inilah yang akhirnya mendorong penulis untuk melakukan sebuah penelitian mengenai peran pendidikan pemakai dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa. Dalam studi ini, teori yang digunakan adalah bermacam-macam, namun teori yang paling banyak diacu adalah tujuan pendidikan pemakai, yang meliputi orientasi Perpustakaan dan pengajaran perpustakaan serta teori tentang pemanfaatan perpustakaan. Dengan teori ini, peneliti berharap dapat mengetahui sejauh mana peran adanya pendidikan pemakai terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah dan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam pendidikan pemakai. Penelitian ini dilakukan di SMA Khadijah Surabaya yang merupakan salah satu sekolah rintisan bertaraf internasional di Surabaya. Responden penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 62 orang, yang dipilih secara acak dengan menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian diketahui bahwa siswa SMA Khadijah Surabaya lebih menyukai teknik pendidikan pemakai dengan menonton VCD/slide dan sangat berpengaruh dari sikap mereka untuk lebih memanfaatkan perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada perpustakaan SMA Khadijah, yaitu harus lebih menjalankan kegiatan pendidikan pemakai secara sistematis dan kreatif. Dengan begitu kenyamanan pengunjung akan diperoleh dan merubah stigma perpustakaan menjadi lebih friendly.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 84/10 Ver p
Uncontrolled Keywords: USER EDUCATION, SCHOOL LIBRARIES
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Nella Verira, 070610408UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Gunarti, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 07 Apr 2011 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 07:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17334
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item