ARSIPARIS DAN PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS (Studi Kualitatif Tentang Pengelolaan Arsip Dinamis di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur)

Oktavia Severin Noemay, 070517925 (2010) ARSIPARIS DAN PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS (Studi Kualitatif Tentang Pengelolaan Arsip Dinamis di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-noemayokta-17864-fisiip-k.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-noemayokta-14928-fisiip-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Informasi telah menjadi kebutuhan masyarakat. Keberagaman informasi dipicu dari semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan sehingga informasi turut menghasilkan berbagai dokumen. Salah satu bentuk dokumen adalah arsip. Arsip merupakan suatu bentuk informasi yang terekam dimana dilatarbelakangi oleh berbagai alasan mengapa manusia merekam informasi diantaranya karena alasan pribadi, sosial, ekonomi, hukum, alasan instrumen, dan demi pengembangan ilmu pengetahuan. Arsip – arsip dinamis yang disimpan diberbagai tempat dalam sebuah instansi sehingga menyulitkan dalam penempatan, pengaturan maupun penemuan kembali arsip – arsip tersebut sehingga membutuhkan sumber daya manusia yang profesional yaitu arsiparis untuk mengelola arsip tersebut. Namun, pengelolaan arsiparis cenderung mengacu pada arsiparis yang bertugas mengelola arsip tersebut terkesan pasif, sebagai ’puing – puing’ masa lalu. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan pendekatan observasi dan wawancara. Dari hasil temuan di lapangan ditemukan beberapa hal yaitu Pertama arsiparis pada Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur mengerjakan pekerjaannya dengan baik walaupun pada kenyataan tugas yang dikerjakan tidak sesuai dengan rincian jenjang jabatan menurut Kepmenpan tahun 2009. Hal ini dikarenakan kebijakan pimpinan dan masih kurangnya tenaga arsiparis di lingkungan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur. Kedua, arsiparis berusaha melakukan tugasnya sebaik mungkin karena kesadarannya terhadap arsip yang memiliki nilai vital dan fatal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 85/10 Noe a
Uncontrolled Keywords: ARCHIVES MANAGEMENT
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Oktavia Severin Noemay, 070517925UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTRI SUSANTARI, DRA., M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 07 Apr 2011 12:00
Last Modified: 06 Jun 2016 00:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17335
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item