IMPLEMENTASI PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF IMPLEMENTASI PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SURABAYA (Studi Deskriptif tentang Sumberdaya, Komunikasi, Struktur Birokrasi dan Dukungan Kelompok Sasaran dalam Implementasi Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya)

NATALIA DIAN PARAMITA, 070417267 (2008) IMPLEMENTASI PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF IMPLEMENTASI PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SURABAYA (Studi Deskriptif tentang Sumberdaya, Komunikasi, Struktur Birokrasi dan Dukungan Kelompok Sasaran dalam Implementasi Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
download.php_id=gdlhub-gdl-s1-2009-paramitana-9871&no=1
Restricted to Registered users only

Download (1kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu Bagaimanakah implementasi program Sekolah Bertaraf Internasional di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya serta mengetahui tentang faktor sumberdaya, komunikasi, struktur birokrasi, dan dukungan kelompok sasaran dalam implementasi program Sekolah Bertaraf Internasional. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Negeri 1 Kota Surabaya. Yang melatarbelakangi permasalahan tersebut adalah bagaimana sekolah dapat mengangkat daya saing lulusan atau sumber daya manusia (SDM) Indonesia pada arus global, baik untuk tenaga kerja maupun akses ke pendidikan lebih lanjut pada perguruan tinggi terkemuka di dalam negeri maupun luar negeri. Sekolah mampu melakukan proses peningkatan kualitas yang berkesinambungan sehingga menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dipasar kerja global dengan fokus dalam penelitian ini adalah sekolah sebagai pelaksana utama dalam Implementasi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan tipe deskriptif. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Surabaya sebagai sekolah yang pertama kali dipilih Depdiknas untuk mengimplementasikan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Kota Surabaya. Informan penelitian ini terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala program sekaligus guru, serta siswa-siswi SMK Negeri 1 Surabaya dengan total informan sebanyak dua puluh orang. Informan dipilih dengan teknik ”key informan” kemudian dilanjutkan dengan teknik ”snowball sampling”. Untuk kelompok sasaran dipilih secara personal dan wawancara kelompok terfokus (Focus Group Interviewing / FGI). Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan pendekatan Indepth Interview (wawancara mendalam) dan dokumenter Teknik analisa data dilakukan secara kualitatif, yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisa dilakukan dengan bertumpu pada hasil-hasil temuan data yang telah berhasil dikumpulkan, serta berbagai informasi yang relevan dari daftar kepustakaan (data sekunder). Analisis ini tentunya bertumpu pada permasalahan penelitian yang ingin dijawab secara menyeluruh. Penelitian ini menemukan bahwa dalam implementasi Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya sudah melaksanakan program sesuai dengan kebijakan mutu yang ditetapkan. Dalam pelaksanaan masih ada variabel penghambat implementasi program yakni faktor sumberdaya secara keseluruhan dan faktor komunikasi bilingual terkait kegiatan belajar mengajar. Implikasi praktis dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi aparat sekolah dalam meningkatkan kemampuannya untuk melaksanakan program sekolah bertaraf internasional. Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini dapat diketahui bagaimana sebaiknya aparat sekolah melaksanakan program dan memperbaiki faktor-faktor yang menjadi penghambat implementasi program. Implikasi teoritis dari kajian Ilmu Administrasi Negara adalah fokus dari penelitian ini, agar dapat menyukseskan implementasi Program Sekolah Bertaraf Internasional dengan melihat faktor sumberdaya, komunikasi, struktur birokrasi, dan dukungan kelompok sasaran. Hasil penelitian ini pada akhirnya dapat dijadikan tambahan masukan terutama kajian atas teori implementasi program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FIS AN 10/09 Par i
Uncontrolled Keywords: EDUCATIONS - INTERNATIONAL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
NATALIA DIAN PARAMITA, 070417267UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorErna Setijaningrum, S.IP, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 03 Jul 2009 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 02:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17341
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item