IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DAN PERANNYA PADA KINERJA KARYAWAN : Studi Kasus Peran Iklim Komunikasi Organisasi Pada Kinerja Sales Marketing Dalam Peningkatan Kepesertaan di PT. Ramamuza Bhakti Husada (RBH)

JOEL RAMADHAN, 070016230 (2006) IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DAN PERANNYA PADA KINERJA KARYAWAN : Studi Kasus Peran Iklim Komunikasi Organisasi Pada Kinerja Sales Marketing Dalam Peningkatan Kepesertaan di PT. Ramamuza Bhakti Husada (RBH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-ramadhanjo-1249-fisk30-k.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17344.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang adanya fenomena iklim komunikasi organisasi di PT. Ramamuza Bhakti Husada (RBH), yaitu perannya pada kinerja karyawan. Fenomena peran iklim komunikasi organisasi tersebut kemudian dirumuskan sebagai masalah penelitian yaitu bagaimanakah peran iklim komunikasi organisasi pada kinerja sales marketing dalam peningkatan kepesertaan di PT. Ramamuza Bhakti Husada (RBH). Tujuan dari penelitian ini berusaha mendeskripsikan iklim komunikasi organisasi dalam peningkatan kepesertaan jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat di PT. Ramamuza Bhakti Husada (RBH). Untuk menganalisis peran iklim komunikasi organisasi pada kinerja sales marketing dalam peningakatan kepesertaan di PT. Ramamuza Bhakti Husada (RBH), digunakan pendekatan studi kasus dengan metode wawancara untuk memperoleh data secara riil peran iklim komunikasi organisasi pada sales marketing, yaitu team leader, staf team leader dan direktur operasional di PT. Ramamuza Bhakti Husada (RBH). Tinjauan pustaka digunakan peneliti sebagai pengaya interpretasi yang terkait dengan teori iklim komunikasi organisasi dan kajian kinerja. Tinjauan pustaka tersebut meliputi organisasi sebagai suatu bentuk hubungan relational; iklim komunikasi organisasi; kajian kinerja; dan pendekatan studi kasus untuk mengamati iklim komunikasi organisasi. Untuk pengumpulan data, digunakan metode wawancara mendalam terhadap sales marketing yang bersangkutan. Data diubah dengan membuat transkrip dari hasil wawancara terhadap team leader, staf team leader sales marketing dan direktur operasional tersebut. Kemudian hasil transkrip dianalisis berdasarkan iklim komunikasi organisasi yang menggunakan pendekatan human relation's model Motivation-Hygiene Theory dari Herzberg. Analisis model Kesehatan-motivasi dapat mencakup perhatian terhadap dukungan dan tersedianya informasi, perhatian pada pelaksanaan kerja dan kendala-kendala, perhatian terhadap hubungan kerja dan konflik serta penilaian terhadap peraturan sehubungan dengan cara kerja sales marketing. Dari proses penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya iklim komunikasi yang kondusif dan harmonis diantara para sales marketing di PT. Ramamuza Bhakti Husada (RBH). Adanya dukungan, keterbukaan, kejujuran dan kesertaan dalam proses keputusan dari pihak manajemen pengaruh besar terhadap para sales marketing dalam melaksanakan fungsi dan tanggunggjawabnya. Hal-hal tersebut diatas tidak selamanya berimbas pada kinerja sales marketing dalam peningkatan kepesertaan dikarenakan lebih banyak berhubungan dengan pihak luar organisasi. Namun usaha-usaha yang telah ditempuh baik oleh sales marketing maupun dari pihak manajemen merupakan sesuatu yang positif bagi kelangsungan jalanya roda organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 30/06 Ram i
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION IN ORGANIZATION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM786-806 Organizational sociology. Organization theory
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
JOEL RAMADHAN, 070016230UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatih Puspa, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 May 2006 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 16:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17344
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item