PEMILIHAN JODOH DI KALANGAN KELUARGA KYAI : Studi deskriptif tentang proses pemilikan jodok di keluarga Kyai di kelurahan Jagir Kecamatan Wonokromo dan Kelurahan Sidosermo kecamatan Wonocolo Surabaya

Emmi Jamilah, 070116396 (2006) PEMILIHAN JODOH DI KALANGAN KELUARGA KYAI : Studi deskriptif tentang proses pemilikan jodok di keluarga Kyai di kelurahan Jagir Kecamatan Wonokromo dan Kelurahan Sidosermo kecamatan Wonocolo Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-jamilahemm-1512-fisant-t.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17352.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keluarga Kyai yang tinggal di kelurahan Jagir dan kelurahan Sidosermo Surabaya merupakan sebuah keluarga luas (extended family). Dalam kehidupan sehari-harinya, mereka cenderung menyukai perkawinan di kalangan kerabat mereka sendiri (endogamy kerabat). Dalam hal proses pemilihan jodoh terdapat aturan-aturan yang harus mereka taati. Oleh karena itu, hal menarik yang dapat dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pemilihan jodoh yang dilakukan di kalangan keluarga Kyai ? Aturan-aturan apa saja yang berlaku dalam proses pemilihan jodoh di kalangan keluarga Kyai ? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses pemilihan jodoh di kalangan keluarga Kyai ? Dan juga bagaimana sanksi dan penyelesaian sengketa kepada para pelanggarnya. Penelitian ini akan mendeskripsikan fungsi keluarga dalam hubungannya dengan pemilihan jodoh di kalangan keluarga Kyai, proses pemilihan jodoh, prinsip pemilihan jodoh, dan aturan-aturan dalam proses pemilihan jodoh. Penelitian ini juga akan mendeskripsikan sanksi-sanksi yang diberikan terhadap pelanggar dan bagaimana cara penyelesaan sengketa yang dilakukan, serta tujuan dan fungsi perkawinan dalam hubungannya dengan proses pemilihan jodoh. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan/observasi terhadap perilaku kehidupan masyarakat di lokasi penelitian dan juga ritus yang mereka lakukan. Peneliti juga menggunakan metode wawancara pada para anggota keluarga Kyai untuk mengetahui bagaimana proses serta aturan-aturan dalam pemilihan jodoh serta faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan jodoh. Wawancara juga dilakukan kepada anggota keluarga Kyai yang menikah dengan orang luar untuk mengetahui bagaimana sanksi dan penyelesaian sengketa yang dilakukan. Hukum adat dalam proses pemilihan jodoh di kalangan keluarga Kyai berwujud dalam aturan-aturan tentang keharusan untuk menikah dengan orang-orang di lingkungan kerabatnya sendiri. Aturan ini tumbuh akibat kebutuhan mereka agar tetap menjaga keturunannya dan juga menjaga eksistensi mereka di dalam masyarakat serta untuk mempererat dan mempertahankan hubungan kekeluargaan di antara mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK -2 Fis.Ant.16/06 Jam p
Uncontrolled Keywords: ASSMILATION (SOCIOLOGY); CULTURE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL660-2670 History and Principles of Religions
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Emmi Jamilah, 070116396UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Endah Kinasih, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 27 Jul 2006 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 17:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17352
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item