PENERIMAAN KHALAYAK REMAJA TERHADAP PERUBAHAN DALAM MAJALAH REMAJA-ISLAMI ANNIDA EDISI BARU

ELAINE VIOLCHE ACANTHUS, 070216772 (2006) PENERIMAAN KHALAYAK REMAJA TERHADAP PERUBAHAN DALAM MAJALAH REMAJA-ISLAMI ANNIDA EDISI BARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
62.3.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17377.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Annida adalah majalah yang ditujukan untuk remaja muslim mempunyai motto "Cerdas, gaul dan Syar'I yang memiliki tanggungjawab untuk menyampaikan nilai-nilai agama sekaligus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kegemaran remaja. Pada bulan September tahun 2005 Annida melakukan perubahan pada sisi cover dan penambahan isi. Secara cover, Annida merubah cover ilustrasi yang sudah menjadi ciri khasnya dengan cover foto manusia, sementara dari segi isi, Annida menambahkan rubrik film, jalan-jalan, cerita misteri dan kisah sejati. Perubahan cover yang terjadi menjadikan Annida mirip dengan majalah-¬majalah remaja yang lain, dan memicu pro dan kontra di kalangan pembca Anndia itu sendiri. Sementara penambahan rubrik bersamaan dengan booming-nya tayangan¬-tayangan yang senada, seperti jelajah di transTV, cerita misteri dan lain-lain. Kecenderungan untuk mengikuti trend, diperuntukkan untuk khalayak banyak (massalisasi), serta pengaruh dari perkembangan teknologi merupakan unsur-unsur dari budaya popular. Hal inilah yang menjadi pijakan bagi penelitian ini. Penelitian ini ingin mencari tahu bagaimana penerimaan khalayak terhadap perubahan yang terjadi pada majalah Annida edisi September 2005, serta kaitannya dengan budaya populer. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode reception analysis dan teknik pengumpulan data indepth interview, serta menggunakan lima informan sebagai sumber datanya. Informan yang diwawancarai bervariasi secara usia, jenis kelamin, kedekatannya dengan Annida dan afiliasinya terhadap organisasi keagamaan. Hal ini dikarenakan peneliti ingin meneliti bagaimana konteks keagamaan juga mempengaruhi penerimaan terhadap suatu budaya yang selama ini dikenal berseberangan dengan agama mereka (Islam). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan khalayak terhadap budaya populer dalam suatu media berkaitan dengan background keagamaan (frame of reference), keterikatan mereka dengan Annida field of experience), afiliasi mereka terhadap organisasi (Hasil interaksi), faktor ekonomi, usia dan gender. Singkat kata, penerimaan mereka bervariasi sesuai dengan konteks atau latar belakang mereka. Perubahan secara cover merupakan hal yang paling sering diperdebatkan, baik dari perspektif agama menurut mereka, azas manfaat, kegemaran serta kebiasaan. Sementara penambahan Isi diterima sebagai variasi yang wajib dilakukan oleh sebuah majalah Remaja. Unsur-unsur populer dalam majalah ini ditanggapi positif oleh remaja, karena hal itu dibutuhkan untuk menjadikan transmisi nilai-nilai sebuah majalah agama sehingga mudah diterima oleh para remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K. 36/06 Aca p
Uncontrolled Keywords: SOCIAL CHANGE; ADDOLESCENT PSYCHOLOGY
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ELAINE VIOLCHE ACANTHUS, 070216772UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSuko Widodo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 04 Dec 2006 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 20:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17377
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item