PENERIMAAN KHALAYAK AKTIVIS ORGANISASI MAHASISWA EKSTRA KAMPUS SURABAYA TERHADAP IDEOLOGIS TOKOH GIE DALAM FILM GIE : Studi Analisis Resepsi Aktivis Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (Ormek) Cabang Surabaya Terhadap Ideologi Tokoh Gie dalam Film GIE

HADI SUCIPTO, 070216717 (2007) PENERIMAAN KHALAYAK AKTIVIS ORGANISASI MAHASISWA EKSTRA KAMPUS SURABAYA TERHADAP IDEOLOGIS TOKOH GIE DALAM FILM GIE : Studi Analisis Resepsi Aktivis Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (Ormek) Cabang Surabaya Terhadap Ideologi Tokoh Gie dalam Film GIE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-suciptohad-4655-fisk14-t.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17386.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasar Film GIE yang serentak telah diputar di Indonesia tanggal 14 Juli 2005 lalu. Film ini merupakan penggambaran kembali sosok Gie dari buku Catatan Seorang Demonstran yang menjadi aktor kemudian adalah Nikolas Saputra. Gie adalah tokoh yang sarat interpretasi baik sebelum maupun sesudah difilmkan. Posisi sosial politik Gie pada masa itu selalu dipertanyakan banyak orang. Kehidupan pribadinya tidak pernah terlepas dari konteks sosial politik dan akhirnya juga mendapat multi intrepretasi dari sahabat dekat dan kalayak aktivis pada umumnya Film dipilih karena dibandingkan dengan media lain, media film bisa menampilkan visualisasi dan setting masa lalu. Film GIE juga menampilkan Nikolas yang mempunyai latar belakang ideologi yang berbeda dan semangat dengan tokoh Gie yang diperankannya. Penerimaan (pemahaman dan pemaknaan) khalayak aktivis organisasi mahasiswa ekstra kampus (Ormek) cabang Surabaya terhadap ideologi tokoh Gie dalam film GIE akan menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini yang akan dijadikan partisipan adalah aktifis mahasiswa ekstra kampus PMKRI, HMI, dan GmnI Surabaya, karena ketiga organisasi mahasiswa adalah wadah formal dari wujud aktivisme mahasiswa kususnya di Surabaya, disamping itu ketiga ormek tersebut sudah ada saat Gie masih aktif dalam pergerakannya ditahun 1960-an dan sering disimbolkan dalam film GIE. Dalam penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka: Cultural Studies dan Popularisme. Negosiasi makna dan analisis penerimaan, khalayak aktif film: kontekstualisasi makna dengan kenyataan, Batasan konsep film biografi, Ideologi dalam keterbatasan akar konseptual Ideologi, gambar,dan bahasa film, serta kaitannya dengan film biografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian ini adalah penelitian eksploratif. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi, mengidentifikasi dan memahami pemaknaan dan penerimaan khalayak pemilih pemula. Proses penggalian informasi, pengidentifikasian serta pemahaman terhadap pemaknaan serta intepretasi khalayak masuk dalam kajian audience reception studies dengan metode reception analysis. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah focus group discussion. Berdasarkan permasalahan yang diangkat, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan mengeksplorasi -informasi tentang bagaimana penerimaan khalayak aktivis ormek cabang Surabaya terhadap ideologi tokoh Gie dalam film GIE melalui penggalian data dengan metode focus group discussion sehingga didapatkan narasi-narasi kualitatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.14/07 Suc p
Uncontrolled Keywords: TELEVISION FILM; COLLEGE STUDENTS
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
T Technology > TR Photography > TR845-899 Cinematography. Motion pictures
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
HADI SUCIPTO, 070216717UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Ariyani, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 14 May 2007 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 20:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17386
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item