AUSTRALIA DAN PEMBENTUKAN EAST ASIAN COMMUNITY (EAC)

Desiana Wulandari, 070216752 (2007) AUSTRALIA DAN PEMBENTUKAN EAST ASIAN COMMUNITY (EAC). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-wulandarid-4930-fishi0-t.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17397.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu fenomena menarik pasca Perang Dingin adalah kesungguhan Australia untuk menguatkan hubungan dengan negara-negara di wilayah Asia. Sikap ini terlihat dari inisiatif pembentukan APEC. Kemudian pada tahun 2005 Australia ikut serta dalam pembentukan East Asian Community (EAC) meskipun secara geografi Australia tidak termasuk dalam wilayah itu. Australia semula menolak keras terhadap ide pembentukan organisasi regional di wilayah Asia Timur, tapi kemudian berubah sikap yang ditunjukkan dengan mengikuti pertemuan KTT 1 Asia Timur pada tanggal 14 Desember 2005 di Malaysia. Penelitian studi pustaka ini berusaha menjelaskan mengapa Australia terlibat dalam pembentukan EAC. Malalui tipe penelitian eksplanatif dengan berdasar peringkat analisis kelompok negara bangsa sebagai unit eksplanasi, kemudian unit analisis negara bangsa serta menggunakan konsep kepentingan nasional, teori region building, regionalisme baru, dan security community ditemukan bukti bahwa keterlibatan Australia dalam pembentukan EAC adalah untuk mencapai dua kepentingan nasionalnya, yaitu kepentingan ekonomi dan kepentingan politik keamanan. Kepentingan ekonomi ini diarahkan untuk mencapai kemakmuran warga Australia melalui perdagangan bebas. Sementara kepentingan politik keamanan diarahkan untuk menciptakan keamanan negara bangsa Australia dan keamanan wilayah dalam rangka menjaga keberlangsungan hubungan antar negara di wilayah Asia Timur dan sebagai bagian dari komunitas internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis HI.07/07 Wul a
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATIONS; WORLD POLITICS; AUSTRALIA � FOREIGN RELATIONS
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1249-1254 Relation to other disciplines and topics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Desiana Wulandari, 070216752UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilik Salamah, Dra. Hj., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 18 Jun 2007 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 21:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17397
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item