STRATEGI HAMAS DALAM KEMENANGAN PEMILU LEGELATIF PALESTINA 2006

Ismanto Yuwono, 070116421 (2007) STRATEGI HAMAS DALAM KEMENANGAN PEMILU LEGELATIF PALESTINA 2006. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-yuwonoisma-4951-fishi0-t.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17399.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hamas menjadi gerakan yang menjadi pusat perhatian dunia Internasiona kerena sepak terjangnya di Palestina. Di Barat gerakan ini dikenal sebagai gerakan teroris yang menjadi sponsor istishadi (born bunch diri). Namun oleh dunia Islam, Hamas dianggap sebagai gerakan heroik melawan penjajahan. Ketika Hamas memutuskan untuk mengikuti Pemilu, dalam lingkup internasional timbul pro-kontra. Pihak Barat khawatir jika Hamas menang, maka proses perundingan damai akan berhenti. Paska pemilu dan Hamas keluar sebagai pemenang mereka menunjukkan reaksi yang keras dengan melakukan boikot. Kesuksesan hamas menimbulkan tanda tanya mengenai latar belakang dan strategi Hamas untuk memenangkan Pemilu Legeslatif Palestina 2006. Penelitian ini mencoba menjawab tanda tanya tersebut. Penelitian ini mengangkat permasalahan pertama, apa faktor-faktor yang mendorong Hamas terlibat dalam Pemilu Legeslatif Palestina 2006. Kedua, Bagaimanakah strategi Hamas dalam memenangkan Pemilu Legeslatif Palestina 2006. Dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian pengujian hipotesis (testing research) atau penelitian eksplanatif (exsplanatory research) yang mengamati hubungan kausal berbagai variabel yang menjadi determinan Hamas dalam menentukan strategi pemenangan. Penelitian ini mengunakan unit analisa strategi Hamas dalam pemenangan Pemilu Palestina 2006 . Sebagai unit eksplanasinya adalah faktor-faktor determinan yang menjadi pertimbangan Hamas untuk menyusun strategi pemenangan tersebut. Sebagai sumber data, peneliti menggunakan sumber data sekunder. Hasilnya, strategi Hamas sangat terkait dengan investasi sosial yang telah lama dia tanam di Palestina. Citranya yang bersih dan kadernya yang setia menjadi kunci kemenangannya. Startegi kampanye hanya menjadi alat untuk memobilisasi dukungan dan simpati yang sudah terbentuk cukup lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.09/07 Yuw s
Uncontrolled Keywords: POLITICAL PARTIES
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Ismanto Yuwono, 070116421UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Rokhmawati SusantoUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 19 Jun 2007 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 21:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17399
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item