BANTUAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT UNTUK ROCOVERY ACEH PASCA TSUNAMI

Diah S Puspitasari, 070216640 (2007) BANTUAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT UNTUK ROCOVERY ACEH PASCA TSUNAMI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ASBTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-puspitasar-4972-fishi1-t.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
17411.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bencana alam tsunami Aceh pada tanggal 26 Desember 2004 yang begitu dahsyat telah mengakibatkan ribuan korban tewas dan mengakibatkan kerusakan hampir di semua sektor kehidupan di Aceh. Bencana alam yang maha dahsyat tersebut mampu mendorong negara-negara dari penjuru dunia untuk memberikan bantuan. Diantara negara-negara yang memberikan bantuan, Amerika Serikat adalah negara yang memberikan bantuan paling besar. Penelitian ini mengaitkan kausalitas antara bantuan luar negeri Amerika Serikat untuk recovery Aceh pasca tsunami dengan kepentingan-kepentingan Amerika Serikat di Aceh. Permasalahan dalam penelitian ekplanatif dengan analisis kualitatif ini adalah Mengapa Amerika Serikat memberikan bantuan dalam jumlah yang besar untuk recovery Aceh pasca tsunami. Permasalahan itu kemudian diteliti dengan sebuah desain penelitian yang menggunakan tingkat analisis negara-bangsa dengan landasan teoritik teori hubungan motivasi politis dengan bantuan luar negeri sehingga ditemukan hipotesis yang pada prinsipnya memuat hubungan kausal antara bantuan luar negeri Amerika Serikat untuk recovery Aceh pasca tsunami dengan kepentingan-kepentingan Amerika Serikat di Aceh. Hasil penelitian yang diperkuat data dan fakta akhirnya dapat diketahui bahwa Amerika Serikat memberikan bantuan untuk recovery Aceh pasca tsunami karena mempunyai kepentingan strategis dan kepentingan ekonomi. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis dalam penelitian ini terbukti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.10/07 Pus b
Uncontrolled Keywords: ECONOMIC SANCTIONS, AMERICAN
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Diah S Puspitasari, 070216640UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Sulistyo, Drs., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 19 Jun 2007 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 16:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17411
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item