HUBUNGAN ANTARA MOTIF MEMBACA RUBRIK FASHION DI MAJALAH GOGIRL DENGAN PERILAKU MENIRU GAYA BERPAKAIAN

LILIK AMALIYAH, 070316923 (2007) HUBUNGAN ANTARA MOTIF MEMBACA RUBRIK FASHION DI MAJALAH GOGIRL DENGAN PERILAKU MENIRU GAYA BERPAKAIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-amaliyahli-5635-fisk42-k.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17434.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motif membaca rubrik fashion dengan perilaku meniru gaya berpakaian remaja. Fashion merupakan pencerminan gaya hidup sekaligus sebagai simbol identitas bagi seseorang, terutama remaja. Masa remaja adalah masa pencarian identitas, dimana hal-hal yang sedang ngetren dianggap penting. Oleh karenanya media massa saat ini menyediakan informasi yang up to date semisal fashion. Sebagai sebuah media massa, majalah Gogirl menampilkan fashion dalam rubriknya sebagai tema utama. Hal ini yang membuat majalah Gogirl berbeda dengan majalah remaja yang lain. Target konsumen majalah Gogirl adalah remaja putri berusia 15 – 23 tahun. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui hubungan antara motif membaca rubrik fashion majalah Gogirl dengan gaya berpakaian target konsumen majalah tersebut. Landasan teori dalam penelitian ini adalah Uses and Gratification dan Teori peniruan. Metodologi penelitian ini adalalah kuantitatif dengan menggunakan tipe penelitian eksplanatif, yaitu studi korelasi yang bertujuan untuk mencari hubungan antara variabel x dengan variabel y. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel x adalah motif membaca rubrik fashion di majalah Gogirl dan variabel y adalah perilaku meniru gaya berpakaian remaja putri. Sampel penelitian adalah remaja putri usia 15 – 23 tahun yang membaca majalah Gogirl dan pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara motif membaca rubrik fashion di majalah Gogirl dengan perilaku meniru gaya berpakaian remaja putri di kota Surabaya. Motif membaca yang dimaksud meliputi motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, dan motif hiburan. Hubungan antara variabel motif membaca rubrik fashion di majalah Gogirl (x) dan variabel perilaku meniru gaya berpakaian (y) tergolong sedang dan rendah namun bersifat positif sehingga semakin tinggi motif informasi seseorang maka semakin tinggi juga perilaku meniru gaya berpakaiannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 42/07 Ama h
Uncontrolled Keywords: LIFE STYLE
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
LILIK AMALIYAH, 070316923UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Sutarsih Andarini, Dra., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 14 Dec 2007 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 20:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17434
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item