POLA PERILAKU PENEMUAN INFORMASI (INFORMATION-SEEKING BEHA VIOR) MAHASISWA PASCASARJANA UNIVERSITAS AIRLANGGA: Studi Deskriptif Tentang Perbedaan Pola Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Program MM Dan Mahasiswa Program Pascasarjana FE Di Universitas Ai

Hega Susilo K., 070317111 (2008) POLA PERILAKU PENEMUAN INFORMASI (INFORMATION-SEEKING BEHA VIOR) MAHASISWA PASCASARJANA UNIVERSITAS AIRLANGGA: Studi Deskriptif Tentang Perbedaan Pola Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Program MM Dan Mahasiswa Program Pascasarjana FE Di Universitas Ai. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-hegasusilo-7542-abstract-8.pdf

Download (381kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini pada dasarnya bermaksud mengkaji dan menggambarkan situasi yang dialami mahasiswa pascasarjana dalam berperilaku, sebagai upaya untuk menemukan informasi untuk keperluan belajarnya di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan kombinasi pendekatan kognitif-perilaku melalui perspektif interdisipliner berdasarkan paradigma perubahan dalam ilmu informasi (changing paradigm on information science) yang difokuskan pada perilaku penemuan┬Činformasi (information-seeking behavior) yang merupakan perilaku nyata yaitu fokus pada "apa yang dilakukan", bukan apa yang dipikirkan, di lingkungan pendidikan tinggi. Dengan demikian studi ini akan memaparkan pola perilaku mahasiswa berdasarkan karkteristik perilaku informasinya, sehingga bisa diambil kebijakan sebagai antisipasi perilaku. Studi ini pada batas-batas tertentu juga telah berhasil mengidentifikasi berbagai kendala yang menghambat upaya penemuan informasi yang dilakukan mahasiswa pasca sarjana di perguruan tinggi. Penelitian ini juga berhasil menampilkan suatu pola perilaku penemuan informasi berdasarkan tipologinya. Meskipun hal ini tidak menggambarkan kondisi mahasiswa perguruan tinggi secara keseluruhan di Surabaya. Namun bagaimanapun harus diakui bahwa ada banyak hambatan dan kendala yang dihadapi mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan informasi untuk keperluan kuliah di perguruan tinggi. Sejumlah sistem dan sarana penelusuran informasi yang mendasar dan dibutuhkan mahasiswa telah tersedia, tetapi terbukti bahwa fasilitas tersebut tidak mampu memenuhi kebutuhan informasi dalam perilaku penemuan informasi mahasiswa yang semakin kompleks. Untuk lebih menjamin kebutuhan informasi mahasiswa terpenuhi, maka perlu dipikirkan kembali bahwa pola perilaku penemuan informasi akan membantu desain perpustakaan yang mampu menawarkan layanan dan produk yang mampu mendukung kebutuhan dan tujuan tiap-tiap pengguna informasi. Oleh karena itu kombinasi model pelayanan informasi, sumber informasi dan jenis informasi dalam tiap titik akses informasi direkomendasikan sebagai solusi pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP.08/08 Heg p (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; SOCIAL CHANGE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Hega Susilo K., 070317111UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 08 Sep 2008 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 03:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17449
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item