HUBUNGAN KONFORMITAS KELOMPOK DENGAN PERILAKU MEMBACA REMAJA PADA KOMUNITAS INSAN BACA

Amelia Marihesya, 070317114 (2008) HUBUNGAN KONFORMITAS KELOMPOK DENGAN PERILAKU MEMBACA REMAJA PADA KOMUNITAS INSAN BACA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-marihesyaa-7819-abstract-8.pdf

Download (364kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Remaja, kerap dinyatakan sebagai individu yang hanya suka bersenang - senang (Swastika, 2003). Stigma seperti itu dapat diminimalisir bila mendapati kondisi remaja yang mampu memberi manfaat bagi lingkungan sosialnya. Salah satu kegiatan berdampak sosial yang bisa dilakukan oleh remaja adalah dengan bergabung pada komunitas yang peduli akan perubahan sosial. Salah satu contohnya dengan cara bergabung pada komunitas literasi. Remaja, dalam partisipasinya terhadap gerakan literasi akan lebih baik bila melakukannya bersama teman sebaya (peer group). Karena pada usia remaja, pengaruh yang diberikan teman sebaya lebih mudah diterima sebagai sesuatu yang baik dibandingkan menuruti nasehat dari orang yang lebih tua, yang cenderung dianggap sebagai perintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perilaku membaca remaja dalam hubunganya dengan konformitas remaja terhadap kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Total Sampling yang mengkaji hubungan variabel konformitas kelompok dengan variabel perilaku membaca remaja. Subjek dari penelitian ini adalah remaja yang menjadi anggota komunitas literasi Insan Baca. Pengambilan sampel menggunakan metode Total Sampling, artinya keseluruhan anggota Insan Baca yang berusia remaja merupakan sampel penelitian. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner pasca diuji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan korelasi Pearson dan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan Rank Spearman. Hasil dari analisis data menunjukkan ada hubungan positif yang terjadi antara konformitas remaja terhadap kelompok dengan perilaku membaca remaja. Artinya, bila remaja semakin conform terhadap peer groupnya dalam hal ini Komunitas Insan Baca maka perilaku membacanya pun menunjukkan peningkatan kearah yang lebih baik. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberi perspektif yang tepat bahwa kegiatan membaca sangat bermanfaat dilakukan segala kelompok usia asalkan kita mengetahui cara yang paling tepat untuk membangkitkan minat baca di masing - masing kelompok usia itu. Dan dalam hal ini, pemanfaatan peer group adalah salah satunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP.13/08 Mar h (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: READERS; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM481-554 Theory. Method. Relations to other subjects
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Amelia Marihesya, 070317114UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 06 Oct 2008 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 03:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17456
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item