HUBUNGAN ANTARA MOTIF MEMBACA DENGAN PREFERENSI TERHADAP TOPIK-TOPIK BERITA DALAM SURAT KABAR JAWA POS DI KECAMATAN KREMBANGAN SURABAYA

RACHMA DIANINGSIH, 070316836 (2007) HUBUNGAN ANTARA MOTIF MEMBACA DENGAN PREFERENSI TERHADAP TOPIK-TOPIK BERITA DALAM SURAT KABAR JAWA POS DI KECAMATAN KREMBANGAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-dianingsih-7853-abstract-8.pdf

Download (326kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motif membaca surat kabar Jawa Pos dengan preferensinya terhadap topik berita dalam surat kabar tersebut. Motif merupakan dorongan dari dalam individu untuk melakukan sesuatu hal. Dorongan untuk membaca inilah yang dicari peneliti untuk mengetahui latarbelakang individu dalam menggunakan media cetak. Motif untuk membaca tersebut terbagi menjadi empat vaitu motif infiormasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, dan hiburan. Sedangkan preferensi adalah pilihan sescorang berdasarkan kesenangan, kepuasan, gratitikasi, pemenuhan, dan kegunaan yang ada. Individu sangat selektif dalam memilih topik berita yang ada dalam surat kabar Jawa Pos, hal tersebut disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan mereka. Jawa Pos sebagai sebuah media cetak harian selalu menyajikan topik-topik herita ringan dan menghibur, yang menekankan pada perang pertahanan, dan diplomasi; politik dan pemerintahan; kegiatan ekonomi; kejahatan; masalah-masalah moral masyarakat; kesehatan dan kejahteraan masyarakat; pendidikan dan seni klasik; ilmu dan penemuan; human interest; hiburan rakyat; pengadilan; agama sehingga dapat dikategorikan sebagai tipikal surat kabar yang komersil. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan tipe penelitian eksplanatif yaitu studi korelasi yang bertujuan untuk mencari hubungan antara variabel x dengan variabel y. Dimana dalam penelitian ini yang menjadi variabel x adalah motif membaca topik-topik berita di Jawa Pos dan variabel y adalah preferensi terhadap topik-topik berita di Jawa Pos. Untuk pemilihan sampel dan populasi, peneliti menggunakan metode multistage area probability sampling sehingga diperoleh wilayah Surabaya Utara yaitu Kecamatan Krembangan. Responden yang dipilih dalam penelitian ini adalah mereka yang telah membaca dan berlangganan Jawa Pos yang diacak dengan menggunakan teknik systematic random. Metode yang digunakan adalah survey dengan menggunakan kuisioner sebagai alat ukurnya. Melalui analisis dan intepretasi data, diketahui bahwa terdapat hubungan antara motif membaca dengan preferensinya terhadap topik berita di Jawa Pos. Hubungan antara variabel motif membaca surat kabar Jawa Pos (x) dan variabel preferensi terhadap topik berita (y) berada pada kategori rendah dan sedang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif membaca Jawa Pos adalah untuk mendapatkan informasi dimana pembaca menjadikan surat kabar ini sebagai petunjuk jika menghadapi suatu masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K.04/08 Dia h (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: READING; MASS MEDIA - AUDIENCE; MASS COMMUNICATION
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RACHMA DIANINGSIH, 070316836UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Sutarsih Andarini, Dra., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 13 Oct 2008 12:00
Last Modified: 11 Sep 2016 12:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17464
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item