REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN NU JUICE VERSI SNAP IN THE LIFT YANG DITAYANGKAN DI TELEVISI: Studi Semiotik Dalam Iklan Nu Juice Versi Snap in the lift yang ditayangkan di Televisi

TOMMY SIGALINGGING, 070216690 (2007) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN NU JUICE VERSI SNAP IN THE LIFT YANG DITAYANGKAN DI TELEVISI: Studi Semiotik Dalam Iklan Nu Juice Versi Snap in the lift yang ditayangkan di Televisi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-sigalinggi-7877-abstract-8.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-sigalinggi-7659-fisk10-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan. penelitian yang berjudul representasi perempuan dalam iklan Nu Juice versi snaps in the lift yang ditayangkan di televisi dengan penetapan tiklan NU Juice sebagai ojek penelitian yang ditayangkan selama bulan oktober – desember 2006. fenomena perempuan yang pada akhir iklan sebagai subjek dengan memukul pantat laki – laki dalam iklan tersebut menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana representasi perempuan dalam iklan Nu Juice versi Snap in the Lift yang ditayangkan di televisi berdasarkan tanda dan lambang yang terdapat dalam iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif, sedangkan untuk analisis data menggunakan metode semiotik. Objek penelitian adalah Iklan Nu Juice versi Snap in the Lift periode Oktober – Desember 2006 di media televisi. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi rekaman dan foto iklan dengan melihat karakter model iklan, penampilan, pakaian atau kostum, make up, perilaku, , dan ekspresi yang menggunakan pendekatan semiotik. Teknik kedua menggunakan data berupa voice over, tag line iklan sebagai teks yang akan menjadi bahan analisis. Unit analisis yang berupa sintagma – paradigma ini dapat berupa kostum yang dikenakan, make – up, setting, perilaku, gesture, dan ekspresi. Pada level ideologi akan dilakukan pengamatan untuk mencari ideologi – idelogi yang berada di balik iklan Nu Juice versi Snap in the Lift. Teknik analisis data secara kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik dilakukan dengan mengamati sistem tanda dalam iklan Nu Juice versi Snap in the Lift kemudian dimaknai dan diinterpretasikan menggunakan semiotik Peirce. Hasil interpretasi didasarkan frame of reference dan field of experience peneliti, lalu dihubungkan kepustakaan tentang perempuan bekerja. Semiotik dalam iklan akan dibagi menjadi tiga level yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Namun peneliti hanya menggunakan level realitas dan level ideologi saja.sementara level representasi tidak akan dibahas lebih lanjut. Representasi perempuan dalam iklan yang ditayangkan di televisi pada umumnya menggambarkan perempuan sebagai objek bagi laki-laki serta hanya mengurusi hal – hal domestik seperti mengurus keluarga, memasak, mencuci. Walupun pada detik - detik awal iklan NU Juice, streotipe perempuan yang lemah lembut, keibuan, dan emosial dan stereotipe – stereotipe lain yang ditujukan kepada perempuan masih ditonjolkan, namun pada akhir tayangan iklan, stereotipe pada perempuan dipatahkan ketika perempuan memukul pantat (snap) laki – laki pendukung iklan NU Juice.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K.10/08 Sig r
Uncontrolled Keywords: WOMEN IN MASS MEDIA; ADVERTISING � TELEVISION PROGRAMS; TELEVISION AND WOMEN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
TOMMY SIGALINGGING, 070216690UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYayan Sakti Suryandaru, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 20 Oct 2008 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 07:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17473
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item