NEW PUBLIC MANAGEMENT PADA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK: Studi Deskriptif Tentang Kemampuan Pengendalian Manajemen di PDAM Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo

ATIK LESTARI KUSANTI, 070316859 (2008) NEW PUBLIC MANAGEMENT PADA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK: Studi Deskriptif Tentang Kemampuan Pengendalian Manajemen di PDAM Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-kusantiati-7956-abstract-8.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17481.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

New Public Management merupakan salah satu paradigma di dalam penyelenggaraan sektor publik. Dengan munculnya paradigma New Public Management pada organisasi sektor publik terjadi perubahan pada manajemen, yang lebih diorientasikan pada kinerja organisasi daripada kebijakan pemerintah. Salah satu perangkat strategi di dalam pendekatan New Public Management adalah pengendalian manajemen. Pengendalian manajemen pada organisasi sektor publik ditujukan untuk mengarahkan organisasi agar mampu mencapai kinerja yang diharapkan. Pengendalian manajemen dalam penelitian ini mencakup beberapa kegiatan, antara lain: menetapkan standar organisasi, mengukur pelaksanaan dan melakukan penilaian. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan pengendalian manajemen di PDAM Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo. PDAM sebagai organisasi sektor publik mempunyai dualisme tujuan, di satu sisi mempunyai tujuan sosial yaitu mencapai kesejahteraan masyarakat melalui pelayanannya, dan di sisi lain mempunyai tujuan ekonomi dengan motif surplus laba dalam rangka memberikan kontribusinya pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk menjawab perumusan masalah tersebut, maka dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, alasan pemilihan metode tersebut adalah untuk menjaga obyektivitas dan keleluasaan dalam memperoleh informasi. Dan pengambilan data dilakukan dengan melalui wawancara yang mendalam, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan dari pihak PDAM dilakukan dengan cara purposive sampling, dan selanjutnya berkembang dengan menggunakan teknik snowball, sedangkan untuk pelanggan menggunakan teknik insidental. Proses analisis data dilakukan dengan menguji, mengkategorikan serta mengkombinasikan kembali bukti-bukti yang didapatkan untuk merujuk pada pijakan awal penelitian, sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, bahwa kemampuan pengendalian manajemen di PDAM Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo cukup mampu, karena PDAM Delta Tirta Kabupaten Sidoado selain mampu melaksanakan tujuan sosialnya juga mampu melaksanakan tujuan ekonominya, ditandai dengan kemampuan berkembang dalam melayani masyarakat, kemampuan memenuhi kewajiban memberikan kontribusi labanya pada PAD. Hanya saja masih terdapat kendala yang masih harus diatasi agar kemampuan pengendalian manajemennya lebih optimal, kendala itu terletak pada skill sumber daya manusianya yang masih rendah, karena spesifikasi pendidikan (basic skill) pegawai pada umumnya kurang sesuai dengan posisi/jabatan yang diemban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN.02/08 Kus n
Uncontrolled Keywords: PUBLIC ADMINISTRATION
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
ATIK LESTARI KUSANTI, 070316859UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSunaryo Suradi, Drs., MPStUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 03 Nov 2008 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 22:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17481
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item