NILAI - NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL LASKAR PELANGI: Nilai - Nilai Pendidikan Dalam Teks - Teks Novel "Laskar Pelangi - Karya Andrea Hirata"

ALDILLA NOVRINDA, 070316816 (2008) NILAI - NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL LASKAR PELANGI: Nilai - Nilai Pendidikan Dalam Teks - Teks Novel "Laskar Pelangi - Karya Andrea Hirata". Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-novrindaal-9051-abstract-8.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17498.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Novel Laskar Pelangi merupakan salah satu novel yang isi pesannya sarat akan nilai – nilai pendidikan. Fenomena novel bertemakan ChickLit yang ada di Indonesia justru menjadikan novel ini fenomenal karena teks novelnya yang mengangkat tema pendidikan. Ada kalanya satu fungsi tertentu yang kuat antara membuat sebuah produksi teks melalui novel dengan menghibur, mengarang, mengangkat kisah nyata berupa autobiografi/biografi, ataupun adanya ideologi tertentu dari penulisnya. Itulah yang menyebabkan teks novel dianggap cukup penting. Laskar Pelangi (tetralogi bagian pertama) karya Andrea Hirata, menggambarkan suasana pendidikan di pulau Belitong yang justru menyenangkan dan tidak terlupakan sekalipun sekolah di sekolah doyong. Penelitian novel Laskar Pelangi ini bertujuan untuk mengetahui nilai - nilai pendidikan yang digambarkan oleh Andrea Hirata dalam isi pesan novel Laskar Pelangi. Yang bermanfaat untuk mengenal lebih lanjut tentang bagaimana sebuah novel dapat dikategorikan sebagai media komunikasi massa cetak. Penelitian ini bersifat eksploratif, dengan menggunakan metode semiotika yang menganalisis wacana dengan memperhatikan tanda – tanda tertentu dalam objek penelitian untuk menemukan makna keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana yang ingin disampaikan melalui teks – teks novel adalah nilai – nilai pendidikan yang digambarkan paling penting kaitannya dengan pendidikan karakter sebagai basic values, utamanya melalui karakteristik budaya Belitong. Nilai – nilai pendidikan yang diangkat dalam novel Laskar Pelangi adalah seperti nilai keutamaan, nilai kecintaan tanah air, nilai kemanusiaan, bahkan wacana agamis menjadi satu unsur tambahan yang menjadikan novel Laskar Pelangi sebagai salah satu acuan tentang bagaimana nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K.80/08 Nov n
Uncontrolled Keywords: INDONESIA � LITERATURES
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ALDILLA NOVRINDA, 070316816UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Sutarsih Andarini, Dra., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 09 Feb 2009 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 23:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17498
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item