Studi Deskriptif Tentang Peran Pemerintah Daerah Dan Partisipasi Pelaku Usaha Dalam Pengembangan Umkm Manik-Manik Kaca Di Kabupaten Jombang

Taranggana Gani Putra (2015) Studi Deskriptif Tentang Peran Pemerintah Daerah Dan Partisipasi Pelaku Usaha Dalam Pengembangan Umkm Manik-Manik Kaca Di Kabupaten Jombang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN COVER.pdf

Download (351kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (553kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II GAMBARAN UMUM KAJIAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III PENYAJIAN DATA, ANALISIS DATA, DAN INTREPRETASI TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 20 May 2023.

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita bahwa UMKM mengalami perkembangan yang signifikan dibandingkan dengan usaha besar, perkembangan itu dapat dilihat dari besarnya jumlah usaha dan tenaga kerja yang diserap, begitu juga di Kabupaten Jombang, UMKM memiliki perkembangan yang signifikan, salah satu UMKM yang berkembang signifikan adalah UMKM manik-manik kaca. Perkembangan signifikan UMKM manik-manik kaca dikarenakan adanya peran pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi & UMKM serta partisipasi aktif para pelaku usaha manik-manik kaca. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran pemerintah daerah dalam pengembangan UMKM manik-manik kaca dan untuk menggambarkan partisipasi pelaku usaha dalam pengembangan manik-manik kaca. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data digunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif,yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan manik-manik kaca pemerintah berperan sebagai fasilitator yang diwujudkan melalui berbagai kegiatan pelatihan, bantuan teknologi dan permodalan, juga berperan sebagai katalisator yang diwjudkan melalui kegiatan promosi produk, dan penetapan manik-manik kaca sebagai produk unggulan Jombang. Adapun partisipasi pelaku usaha dalam pengembangan manik-manik kaca yaitu partisipasi dalam pengambilan keputusan dengan memberikan gagasan, ide dalam setiap acara diskusi antara pemerintah dan pengusaha, partisipasi dalam pelaksanaan dengan menjadi koordinator dalam kegiatan pelatihan yang diadakan dinas koperasi & UMKM, partisipasi dalam pengambilan manfaat dengan manfaat berupa kenaikan omset usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN. 03/15 Put s
Uncontrolled Keywords: UMKM, Peran Pemerintah Daerah, Partisipasi
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Taranggana Gani PutraNIM070911035
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEko SupenoNIDN0003046502
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 28 Jan 2015 12:00
Last Modified: 20 May 2020 04:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17557
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item