Representasi Kecantikan Perempuan Pada Iklan Dove Versi “Real Beauty Sketches” Di Situs Youtube

Octa Lidya Ghaisani Amin (2015) Representasi Kecantikan Perempuan Pada Iklan Dove Versi “Real Beauty Sketches” Di Situs Youtube. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (664kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (445kB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM OBYEK PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IVK ESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 26 May 2023.

Download (338kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul Representasi Kecentikan Perempual Pada Iklan Dove “Real Beauty Sketches” ini, bertujuan untuk mengeksplorasi mitos dan definisi kecantikan yang direpresentasikan pada iklan Dove versi “Real Beauty Sketches”. Signifikansi penelitian ini terletak pada konsep kecantikan yang ditampilkan oleh Dove yang merupakan brand produk kecantikan. Sehingga, asumsinya konsep ‘cantik’ yang ditawarkan, masih saja mengandung makna yang sesuai dengan mitos kecantikan yang dikonstruksi dalam masyarakat. Untuk menggali, mengidentifikasi, dan memahami pemaknaan yang dibentuk pada iklan, serta mengeksplorasi mitos dan definisi kecantikan, maka motode yang sesuai untuk digunakan adalah semiotik Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan teori mengenai mitos kecantikan perempuan menurut Naomi Wolf dan Judith Williamson, gender oleh Julia T. Wood dan David Gauntlett, gazing oleh Laura Mulvey, serta Bahasa tubuh oleh Allan B. Pease, untuk mengetahui makna dan mitos yang terkandung dalam iklan. Iklan ini mendekonstruksi mitos kecantikan yang selama ini mengacu pada bentuk fisik semata. Konsep yang dibuat bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri perempuan melalui perbandingan sketsa wajah. Ini dilakukan supaya perempuan mampu untuk berpikir positif terhadap kecantikan alami yang dimiliki. Mengingat banyaknya faktor yang mengurangi tingkat percaya diri, diantaranya media massa dan juga male gaze, yang kemudian mempengaruhi persepsi perempuan mengenai bentuk tubuhnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K. 17/15 Ami r
Uncontrolled Keywords: MASS MEDIA AND WOMEN; ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Octa Lidya Ghaisani AminNIM071115076
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIGAK Satrya WibawaNIDN0003087502
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 23 Feb 2015 12:00
Last Modified: 26 May 2020 04:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17562
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item