UPAYA PEMASARAN PERSALINAN TENAGA KESEHATAN DI PUSKESMAS NONGGUNONG MELALUI ANALISIS KARAKTERISTIK KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN

UTOMO, 090410795 L (2006) UPAYA PEMASARAN PERSALINAN TENAGA KESEHATAN DI PUSKESMAS NONGGUNONG MELALUI ANALISIS KARAKTERISTIK KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-utomo-6380-tka59_07.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-utomo-6380-tka59_07.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Puskesmas Nonggunong merupakan Puskesmas di Kepulauan Sumenep, yang melayani pertolongan persalinan. Di wilayah kerja Puskesmas Nonggunong, pelayanan persalinan masih rendah (jauh dari target). Beberapa tahun terakhir, persalinan di wilayah tersebut lebih banyak ditangani oleh dukun. Rendahnya pemanfaatan pelayanan persalinan di Puskesmas Nonggunong menjadi menjadi alasan perlunya upaya pemasaran tenaga kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun upaya pemasaran tenaga kesehatan berdasarkan karakteristik, kepuasan dan loyalitas pelanggan di Puskesmas Nonggunong. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan identifikasi karakteristik responden, kepuasan dan loyalitas responden. Secara teori, puskesmas merupakan unit pelayanan kesehatan kabupaten/ kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Persalinan merupakan salah satu pelayanan kesehatan di Puskesmas, yang didefinisikan sebagai proses kelahiran janin pada tua kehamilan sekurang¬kurangnya 28 minggu. Karakteristik konsumen (berkaitan dengan ibu sebagai konsumen jasa persalinan) dibedakan menjadi karakteristik individu, sosial, budaya dan psikologi. Karakteristik tersebut mempengaruhi keputusan beli oleh konsumen. Pada produk jasa, seperti pelayanan kesehatan, kepuasan (seperti faktor kecepatan pelayanan, kenyamanan dan kemudahan) merupakan faktor yang juga mempengaruhi keputusan konsumen. Karena itu, pemasaran yang salah satu pilar utamanya adalah pemenuhan kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan; memiliki strategi persaingan. Pemasaran itu sendiri terdiri dari tiga unsur utama, yaitu unsur strategi persaingan, taktik pemasaran dan nilai pemasaran. Strategi persaingan berkaitan dengan segmentasi pasar, targeting dan positioning. Taktik pemasaran terdiri dua hal, yaitu diferensiasi dan bauran promosi. Adapun nilai pemasaran berkaitan dengan brand atau merk dari produk yang bersangkutan. Penelitian ini merupakan penelitian retrospektif dengan cara survei pada bulan Juni 2006 di wilayan kerja Puskesmas Nonggunong, menggambarkan secara deskripsi tentang karakteristik, kepuasan dan loyalitas konsumen. menggunakan data primer yang diperoleh dan kuesioner, dan data sekunder yang diperoleh dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep. Responden merupakan ibu yang memiliki bayi di wilayah kerja Puskesmas Nonggunong, dengan jumlah responden 69 total populasi. Pengolahan data dimulai dengan cleaning (memastikan kuesioner telah terisi semua), dilanjutkan dengan coding (pemberian kode pada item pertanyaan kuesioner). Kemudian dilakukan analisa deskriptif untuk kebutuhan identifikasi karakteristik responden, lingkungan, kepuasan dan loyalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik individu ibu/ responden adalah ibu rumah tangga yang menikah di usia muda (ditunjukkan oleh umur ibu yang relatif muda). Baik ibu maupun suami memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Pekerjaan suami adalah wiraswasta (nelayan dan petani) dengan tingkat pendapatan yang relatif rendah. Karaktersitik psikologi di antaranya dilihat dari pengalaman bersalin, persepsi pelayanan persalinan di bidan dan pilihan persalinan aman. Responden menyatakan bahwa pengalaman bersalin di bidan adalah menyenangkan, tidak ada kesulitan melahirkan dan tidak ada trauma melahirkan. Karakteristik lingkungan menunjukkan bahwa lokasi Puskesmas adalah dekat dan mudah dijangkau. Dari segi hargal tarif/ biaya, Puskesmas relatif sangat murah. Sedangkan dari segi kelengkapan sarana dan peralatan, Puskesmas juga lebih unggul. Namun dari segi kepuasan konsumen, tingkat kepuasan konsumen terhadap Peskesmas relatif rendah. Identifikasi karakteristik responden, lingkungan dan tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan tersebut digunakan sebagai dasar penyusunan strategi pemasaran BKIA dan tenaga kesehatan di Puskesmas Nonggunong. Strategi pemasaran tersebut adalah peningkatan sarana dan prasarana kesehatan di Puskesmas, sosialisasi informasi pelayanan kesehatan (tenaga kesehatan), strategi penentuan harga (penetapan harga yang terjangkau, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Strategi pemasaran tersebut dapat dijadikan rekomendasi bagi pengembangan Puskesmas Nonggunong. Apabila secara continue pihak manajemen Puskesmas Nonggunong dapat melakuakn strategi pemasaran tersebut disertai dengan menjalin kemitraan dengan dukun (penolong persalinan yang lain), maka pemanfaatan pelayanan persalinan di Puskesmas Nonggunong dapat ditingkatkan. Selain itu diharapkan dengan dengan meningkatnya pelayanan Puskesmas Nonggunong ( tenaga kesehatan) dapat memperbaiki derajat kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Nonggunong.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 59/07 Uko u
Uncontrolled Keywords: MARKETING; CONSUMER BEHAVIOR; PATIENT SATISFACTION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
UTOMO, 090410795 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly Chalidyanto, SKM.,MARSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 27 Mar 2008 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 22:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/176
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item