Resistensi Pedagang Terhadap Implementasi Kebijakan Relokasi Pasar Waru Sidoarjo

Nirmala Mustika Dewi (2015) Resistensi Pedagang Terhadap Implementasi Kebijakan Relokasi Pasar Waru Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (405kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf

Download (513kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 7 April 2023.

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 7 April 2023.

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 7 April 2023.

Download (178kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan berkembangnya pasar tradisional yang ada di Sidoarjo, maka pihak pemerintah Kabupaten Sidoarjo memiliki kewajiban untuk menata pasar tradisional yang ada. Salah satunya dengan membuat kebijakan relokasi pasar ke tempat yang lebih layak karena pasar tradisional identik dengan kumuh dan kotor. Salah satunya dari kebijakan relokasi Pasar Waru yang ada di dalam Peraturan Bupati Nomor 19 Tahun 2010 Tentang Penataan Stan dan Penemapatan Pedagang Pasar Waru. Implementasi kebijakan relokasi Pasar Waru yang dilakukan oleh dinas pasar ternyata mendapatkan resistensi dari pedagang. Sehingga permasalahan yang diangkat adalah “Resistensi Pedagang Terhadap Implementasi Kebijakan Relokasi Pasar Waru Sidoarjo”. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini didasarkan pada teori Merilee S. Grindle, dimana menurut Grindle sebuah implementasi kebijakan akan dipengaruhi oleh kekuasaan, kepentingan, dan strategi aktor yang terlibat disamping itu juga berhasilnya sebuah implementasi kebijakan juga terlihat dari kepatuhan implementor dan ada atau tidaknya kelompok yang menghalangi kebijakan tersebut. Hal ini lah yang menjadi acuan dalam meneliti Kebijakan Relokasi Pasar Waru. Subjek peneletian dalam penelitian ini adalah pihak dinas pasar, DPRD Sidoarjo, dan Paguyuban Pedagang “Maju Bersama”. Dalam implementasi kebijakan relokasi Pasar Waru terdapat beberapa kepentingan yang dimiliki oleh pihak dinas pasar, DPRD Sidoarjo dan pedagang itu sendiri. Sehingga untuk memenuhi kepentingannya, masing – masing pihak menggunakan sebuah strategi agar kepentingannya dapat terpenuhi. Dan bentuk dari resistensi yang dilakukan oleh pedagang dengan membentuk sebuah paguyuban pedagang “Maju Bersama” sebagai sebuah organisasi untuk menolak kebijakan relokasi Pasar Waru itu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P. 17/15 Dew r
Uncontrolled Keywords: MARKETS - GOVERNMENT POLICY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8111-8123 Government policy. State supervision
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Nirmala Mustika DewiNIM071113074
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWisnu PramutantoNIDN0001065809
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 05 Mar 2015 12:00
Last Modified: 07 Apr 2020 05:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17602
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item