AFILIASI POLITIK PEREMPUAN MARGINAL DALAM PILEG 2014 DI SURABAYA

Rizky Amalia, 071013078 (2015) AFILIASI POLITIK PEREMPUAN MARGINAL DALAM PILEG 2014 DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
Binder1amaliarizk.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-amaliarizk-36485-6.abstr-i.pdf

Download (197kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perempuan Marjinal adalah bagian dari masyarakat yang secara politik tidak memiliki kekuasaan (powerless), secara ekonomi dihisap, dan secara sosial diperlakukan sewenang - wenang oleh pemerintah kota, serta selalu berada di posisi yang lemah dimana selalu tidak berada dalam posisi tawar ketika berhadapan dengan pemerintah. Sehingga pada akhirnya mereka cenderung dipandang sebelah mata eksistensinya dan baru dilirik manakala bisa dimanfaatkan untuk mendukung kepentingan kelompok dominan. Disadari atau tidak mereka ikut terlibat dalam arus kekuatan politik dengan secara langsung maupun tidak langsung memberikan dukungan pada kontestan dan atau partai politik tertentu. Meskipun demikian, kekuatan atau pengaruh mereka cukup dapat diperhitungkan. Hal inilah yang menyebabkan penulis tertarik dengan topik ini, sehingga hal tersebut layak untuk ditulis/diteliti. Penulis bermaksud untuk mendeskripsikan mengenai afiliasi politik perempuan marjinal dalam pileg 2014 dan memberikan gambaran arah kecenderungan afiliasi politik mereka dalam Pileg 2014 di Surabaya terhadap caleg tertentu atau partai tertentu serta mendeskripsikan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi afiliasi politik mereka dalam pileg 2014. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Rational Choice dengan beberapa konsep, yaitu partisipasi politik, , afiliasi politik, serta kaum marjinal. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif kualitatif. Arah kecenderungan afiliasi politik mereka dalam pileg 2014 mengarah pada partai yang berbasis islam di luar soal track record dan program partai, sebagian besar responden perempuan marjinal hal yang mereka pertimbangkan dalam mendukung partai adalah figure yang dikenal dan kesamaan agama. Dengan demikian, partai yang mengusung visi sesuai agama dan nilai-nilai keagamaan, maka dengan mudah akan tumbuh simpati, perasaan yang sehati sehingga menetapkan pilihan ketika pileg berlangsung. Faktor-faktor yang mempengaruhi afiliasi politik mereka adalah faktor sosialisasi oleh partai politik diwilayahnya, yang membentuk suatu ikatan psikologis ataupun emosional dimana faktor ini disebabkan oleh kenyataan bahwa tidak semua masyarakat memiliki kapasitas untuk berpikir dan menganalisis apa yang mereka butuhkan dan bagaimana memenuhinya. Kemudian faktor lingkungan pertemanan serta faktor rasional dalam mempertimbangkan untung dan rugi atau sosial ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P. 25/15 Ama a
Uncontrolled Keywords: WOMEN - POLITICAL ACTIVITY
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rizky Amalia, 071013078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSiti Aminah, Dr.Dra.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 13 Mar 2015 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 00:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17632
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item