REPRESENTASI KELAS SOSIAL ATAS PADA FILM ARISAN 1 DAN 2

M. SULTONUL HAQ, 070915034 (2015) REPRESENTASI KELAS SOSIAL ATAS PADA FILM ARISAN 1 DAN 2. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
Binder1haqmsulton.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-haqmsulton-36503-6.abstr-k.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi kelas atas pada film Arisan 1 dan 2 dan apakah kedua film tersebut dapat memberikan pandangan alternatif (alternative notion) pada representasi kelas atas di media massa. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena kelas atas selama ini mendapatkan diskiriminasi di media massa, distereotipe sebagai kelas yang licik dan sinis. Diskriminasi ini membuat kelas atas, terutama di Indonesia, tidak bisa secara bebas menentukan identitasnya. Metode penelitian dari penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode analisis wacana sebagai pisau analisisnya. Unit analisis dari penelitian ini yaitu teks atau dialog yang berkenaan dengan masyarakat kelas atas dalam film Arisan 1 dan 2, interpretasi peneliti atas teks tersebut, dan juga literatur atau referensi lain terkait dengan masyarakat kelas atas. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kelas atas direpresentasikan sebagai kelas yang mengedepankan kultur kelas, terutama nilai eksklusifitas dalam kehidupan sehari harinya. Film Arisan 1 dan 2 juga merepresentasikan nilai nilai gaya hidup, religiusitas dan seksualitas untuk menunjukkan identitas kelas atas. Kedua film ini memberikan pandangan alternatif terhadap representasi kelas atas di media massa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K. 31/15 Haq r
Uncontrolled Keywords: MOTION PICTURES; SOCIAL REPRESENTATIONS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
M. SULTONUL HAQ, 070915034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos.,M.CommUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 01:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17638
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item