Pola Penggunaan Internet Oleh Wanita Untuk Mendapatkan Informasi Perawatan Balita Studi Kasus Di Surabaya

Binawati Pandu Wijaya (2015) Pola Penggunaan Internet Oleh Wanita Untuk Mendapatkan Informasi Perawatan Balita Studi Kasus Di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (294kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (344kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2023.

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III TEMUAN DATA)
6. BAB III TEMUAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2023.

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV ANALISIS DATA)
7. BAB IV ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2023.

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
8. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2023.

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 28 February 2023.

Download (576kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang pola penggunaan internet untuk mendapatkan informasi perawatan balita, pada ibu di Surabaya. Pada penelitian ini, digunakan metode Kuantitatif Deskriptif dengan teknik analisis menggunakan tabel koding kemudian dianalisis menggunakan teori-teori terkait. Sementara teori yang digunakan untuk analisis dan interpretasi data adalah Pola Penggunaan Internet, Informasi, Khalayak Aktif, Perempuan dan Internet, Media dan Kesehatan, dan Media dan Balita. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola penggunaan internet oleh wanita yang digunakan untuk mendapatkan informasi perawatan balita. Para wanita menggunakan internet dengan alasan untuk mempermudah mereka dalam mengakses informasi. Media internet dipilih oleh para responden karena internet dapat memberikan informasi yang mereka butuhkan secara langsung. Tujuan mereka saat mengakses internet adalah tidak lain untuk mencari informasi (browsing). Wanita-wanita tersebut memilih untuk mengakses internet pada waktu sore hari setelah pulang kerja. Responden menghabiskan 2-4 jam sehari untuk mengakses internet dan melakukan kegiatan berselancar di internet ketika di rumah. Pada penelitian ini, Kebanyakan dari wanita-wanita tersebut menggunakan internet saat mereka sedang membutuhkan suatu informasi secara cepat. Terdapat beberapa tipe hubungan yang ada pada pengguna internet, yaitu hubungan teknologis, hubungan sosial, dan hubungan informasi. Informasi yang paling banyak dicari tentang perawatan balita adalah informasi yang berkaitan dengan informasi kesehatan balita. Menurut data yang telah diperoleh, responden menilai bahwa informasi yang dibagikan di internet cukup relevan, akurat, dan kekinian. Ketika ingin mendapatkan informasi di internet, cara para pengguna internet untuk mendapatkan informasi tersebut adalah dengan mengetikkan kata kunci pada mesin pencari. Ada tiga situs yang paling banyak diakes oleh para wanita, yaitu www.ayahbunda.co.id, www.infobunda.com, dan www.ibudanbalita.com. Alasan mereka memilih untuk mengakses situs tersebut adalah karena kelengkapan informasi pada situs tersebut. Setiap website tentu menyediakan fitur-fitur khusus yang digunakan untuk mendapatkan simpati pengguna internet, sehingga mereka dapat tertarik untuk mengunjungi dan menjadi bagian dari website tersebut. Fitur-fitur tersebut adalah forum internet, desain layout, dan kuis berhadiah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K. 34/15 Wij p
Uncontrolled Keywords: INTERNET USERS
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Binawati Pandu WijayaNIM071015082
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
Thesis advisorRendy Pahrun WadipalapaNIDN0001088802
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:00
Last Modified: 28 Feb 2020 04:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17643
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item